Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Anies Minta Emak-Emak Perbaiki Lingkungannya

Sabtu 21 Dec 2019 04:18 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Indira Rezkisari

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Foto: ROL/Havid Al Vizki
Perbaikan lingkungan diharap Anies dilakukan emak-emak tak hanya di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, meminta para ibu atau 'emak-emak' Jakarta berani membuat perubahan di lingkungan rumah dan keluarga. Hal itu ditekankan Anies saat memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 21 nomine Ibu Ibu Kota Awards 2019 yang menjadi sosok perempuan penggerak Jakarta di The Hall Senayan City, Jakarta Pusat pada Jumat (20/12) petang.

Dalam Perhelatan Puncak Acara Ibu Ibukota Awards tersebut, Gubernur Anies menyampaikan pesan agar sosok perempuan penggerak di Jakarta dapat tumbuh, berkembang, dan menjadi inspirasi bagi generasi muda. “Harapannya bagi ibu-ibu semua, nanti semoga berkenan ketika ibu-ibu dikenal oleh masyarakat, harapannya lebih banyak generasi baru juga ibu-ibu untuk datang mengambil inspirasi, berinteraksi," kata Anies.

Pesan Anies, ibu-ibu jangan bosan untuk mendatangi kampung-kampung di sekitar Jakarta, membagikan pengalamannya kepada teman-teman yang lain. Hal ini layaknya yang dilakukan ke- 21 orang nominator Ibu Ibu Kota Awards 2019.

Menurut Anies, para nominator ini telah membuktikan kontribusi nyata kepada masyarakat dan lingkungan secara konkret selama bertahun-tahun, namun tidak muncul di permukaan publik. Karena itu, ia ingin, Ibu Ibu Kota Awards 2019 menjadi tonggak apresiasi kepada sosok perempuan penggerak.

Yaitu mereka yang telah berkomitmen dalam membantu mengentaskan permasalahan Jakarta di lima bidang, yaitu Bidang Pendidikan Orang Tua dan Anak Usia Dini; Bidang Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga; Bidang Kesehatan; Bidang Pengembangan Kerajinan; dan Bidang Pelestarian Lingkungan.

“Kita berharap nantinya program ini bisa berjalan terus ke depan, bukan hanya sekali. Ini adalah pertama. Tapi harapannya kita kerjakan rutin," imbuhnya.

Dan ia berharap mudah-mudahan ini menjadi inspirasi. Karena sesungguhnya, jelas Anies, bukan award-nya, tapi yang tidak kalah penting adalah bagaimana pemerintah menghargai apa yang dikerjakan dan bagaimana kita menjadikan mereka sebagai contoh bagi yang lain.

Ibu Ibu Kota Awards adalah ajang apresiasi bagi sosok perempuan penggerak yang selama ini bekerja dalam sunyi dengan melakukan #AksiHidupBaik untuk memastikan keharmonisan dan kehumanisan Ibu Kota Jakarta. Ibu Ibu Kota Awards terselenggara berkat sinergi empat organisasi: Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jakarta, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jakarta, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Jakarta dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Jakarta.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA