Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Johnny Plate Ingin Pastikan Akses Internet Timur Indonesia

Jumat 20 Dec 2019 22:40 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate

Foto: Republika TV/Wibisono
Johnny meyakinkan pembangunan akses internet Timur Indonesia terus dilakukan

REPUBLIKA.CO.ID, MANGGARAI BARAT -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Geralt Plate mengunjungi lokasi akses internet dan Network Operation Center (NOC) Proyek Palapa Ring di sejumlah wilayah Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat (20/12).

Kunjungan kerja ke fasilitas akses internet dan NOC Palapa Ring di Kampung Halaman Plate ini merupakan kunjungan pertama sejak pelantikan dirinya sejak Oktober lalu. Plate mengaku, dirinya akan memastikan pemanfataan akses internet yang disediakan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemkominfo.

“Masih ribuan kilometer fiber optik yang harus kita bangun. Pembangunan termasuk di Manggarai, NTT hingga ke Aceh,Papua," kata Plate di Kecamatan Reo, Manggarai, NTT.

Pembangunan ini merupakan kerja sama Kominfo dengan penyedia jasa telekomunikasi di daerah-daerah 3T (tertinggal, terpencil dan terluar) dan perbatasan di Indonesia.

Plate pun mengatakan, pemerintah selama lima tahun terakhir telah bekerja keras dalam membangun infrastruktur telekomunikasi dan digital. Ketersediaan infrastruktur tersebut dinilai penting di tengah transformasi di segala bidang dari dunia fisik ke digital.

"Kita bertransformasi, bermigrasi menuju bangsa digital ini, perlu kerja yang luar biasa dari kita sekalian,” kata Politikus Partai Nasdem ini.

Lebih lanjut, Plate pun mengingatkan langkah jangka panjang Kominfo adalah upaya memperbaiki pengelolaan frekuensi untuk menyambut datangnya teknologi 5G.”Ini yang harus dipersiapkan, dan kita upayakan harus lebih cepat.Semua harus mendukung,” kata dia.

Pulang Kampung

Kunjungan ini memiliki kesan tersendiri buat Plate. "Ini kampung halaman saya," ujar Plate di Reo. Ia tampak sumringah menyapa warga NTT yang sudah menunggunya di sekitar helipad. Saat menuruni Helikopter, warga Reo pun langsung menyerbu Plate.

Dalam kunjungan itu, Plate disambut oleh para Bupati dan para tokoh masyarakat di Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur. Kehadiran akses internet di Kantor Kecamatan Reo dinilainya bermanfaat bagi kecamatan dalam kemudahan memperoleh informasi serta dalam pelaporan online dimana sebelum adanya internet, pihak kecamatan harus melaporkan ke kantor Kabupaten.

Diharapkan dengan adanya pemasangan jaringan internat di kantor camat Roe, pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih mudah, cepat dan efisien. Sejalan dengan kunjungan tersebut, dilaksanakan juga pelatihan IT.

Dalam rangkaian kunjungan kerja ini, Plate juga meninjau aksesbilitaa internet, Seminari Pius XII di Kissol, Kota Komba, Manggarai Timur, Pusat Kesehatan Masyarakat Labuan Bajo dan lokasi NOC Palapa ring di Waingapu, Sumba Timur.

Di Provinsi NTT, Bakti telah menyediakan akses internet di 667 lokasi seperti di sekolah, puskesmas, BLK, Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Adapun lokasi Base Transceiver Station (BTS) di provinsi NTT yang sudah on air dan dibangun oleh BAKTI berjumlah 115 BTS.

Seluruh BTS tersebut dan pembangunan baru di tahun 2020, akan dimigrasi dan menggunakan teknologi 4G. Selain itu, terdapat Network Operation Center (NOC) Palapa Ring (backbone fiber optic) di 5 wilayah yaitu Waingapu, Sabu, Baa, Kupang dan Alor.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA