Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Satria Muda Pertamina Kehilangan Arki Dikania Wisnu

Jumat 20 Dec 2019 19:20 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto

Pemain Satria Muda Pertamina Arki Dikania Wisnu membawa bola.

Pemain Satria Muda Pertamina Arki Dikania Wisnu membawa bola.

Foto: DOK IBL
Arki akan memperkuat Indonesia Patriots, nama timnas Indonesia, di pentas IBL 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satria Muda (SM) Pertamina Jakarta kehilangan kapten tim, Arki Dikania Wisnu. Arki sukses mengantar SM Pertamina juara Piala Presiden Bola Basket 2019 dan akan memperkuat Indonesia Patriots, nama tim nasional Indonesia, di pentas IBL Pertamax 2020.

Dalam daftar pemain yang dirilis IBL pada Jumat (20/12), nama Arki Dikania Wisnu tidak ada dari total 14 nama yang didaftarkan tim yang bermarkas di Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara ini.

Sebelumnya, Arki memang tidak dipilih oleh pelatih timnas Indonesia, Rajko Toroman. Karena saat pelatih asal Serbia ini menyeleksi pemain, kondisi Arki memang belum pulih dari cedera telapak kaki. Alhasil Arki yang biasa langganan tampil di SEA Games, harus absen di SEA Games 2019 Filipina.

Setelah evaluasi serta gagalnya timnas Indonesia di SEA Games 2019, Coach Toro dua hari lalu atau Rabu (18/12) kembali menyeleksi pemain untuk timnas. Ada yang dipulangkan ke klub, ada yang ambil dari klub. Salah satunya adalah Arki Dikania Wisnu. Selain Arki, Coach Toro juga memanggil Brandon Jawato. Serta satu pemain yang dalam proses naturalisasi, Lester Profer.

Manajer SM Pertamina, Riska Natalia Dewi ketika dihubungi Republika.co.id, Jumat (20/12) menyatakan, walau Arki sangat dibutuhkan di tim, namun timnas Indonesia harus lebih utama. "Tentu kami mengutamakan kepentingan timnas. Semoga dengan ketiadaan Arki di tim, pemain lainnya mampu tampil menggantikan posisinya."

Selain Arki, kata Riska, ada tiga pemain lainnya yang bergabung ke timnas, yakni Hardianus Lakudu, Kevin Yonas Sitorus, dan Laurentius Steven Oei. "Namun tiga pemain kami kembalikan usai memperkuat timnas yakni Avan Seputra, Juan Laurent Kokodiputro, dan Sandy Ibrahim," jelasnya.

Hal senada diungkapkan asisten pelatih SM Pertamina, Ismael. "Kami mendukung keputusan timnas dengan adanya Arki di sana, dan dengan tidak ada dia di musim ini, perannya harus bisa ditutup dengan pemain lokal lain. Kami berharap timnas mendapatkan hasil yang terbaik dan hasil yang sama juga untuk SM di musim yang akan datang."

Demi menambal kekurangan pemain, SM Pertamina Jakarta sebelumnya sudah mendatangkan Bima Riski dan Wisnu Saputra dari CLS Knights Indonesia. Selain itu, mantan penggawa Bogor Siliwangi, Fadlan Minallah, juga merapat ke klub yang bermarkas di Britama Arena tersebut.

Selain pemain, di kursi kepelatihan, SM Pertamina Jakarta juga harus kehilangan Youbel Sondakh yang dipanggil tim nasional basket Indonesia. Sebagai pengganti, finalis musim lalu itu merekrut pelatih asal Serbia, Milos Pejic.

Berikut Roster Satria Muda Pertamina Jakarta:

1. Juan Laurent Kokodiputra
2. Christian Gunawan
3. Elijah Johad Foster
4. M Sandy Ibrahim Aziz
5. Rivaldo Tandra Pangesthio
6. M Aris Rinaldi
7. Fadlan Minallah
8. Gary Jacobs Jr
9. Avan Seputra
10. Bima Riski Ardiansyah
11. Tyquan Tyrone Scott
12. Muhammad Rizal Falconi
13. AA Ngurah Wisnu Budidharma Saputra
14. Kristian Liem

Susunan Kepelatihan:

1. Manajer: Riska Natalia Dewi
2. Pelatih: Milos Pejic
3. Asisten Pelatih: Ismael
4. Asisten Pelatih: Abdurrachman
5. Asisten Pelatih: Muhammad Gofar
6. Ofisial: Mohamad Tohirno
7. Ofisial: Amriansyah Syetiawanda
8. Ofisial: Taufik.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA