Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Dua Anjing Pelacak Disiagakan di Stasiun Cirebon

Jumat 20 Dec 2019 04:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Stasiun Cirebon

Stasiun Cirebon

Foto: Republika/Raisan Al Farisi
KAI juga menyiagakan 11 ribu petugas gabungan dari unsur internal, Polisi dan TNI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Dua anjing pelacak dari Polda Jawa Barat diterjunkan untuk menjaga Stasiun Cirebon pada masa liburan akhir tahun. "Kita siagakan K-9 (anjing pelacak) untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan," Kata Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI John Robertho di Cirebon, Kamis (19/12).

John mengatakan selama libur Natal dan Tahun Baru, KAI menyiagakan 11 ribu petugas gabungan dari unsur internal, Polisi dan TNI. Selain itu ada juga unit K-9 yang bertugas mencegah adanya ancaman teror terutama bom dan barang yang mencurigakan.

"Semua pengamanan kita kerahkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman terutama bagi para pengguna jasa," ujarnya.Sementara untuk anjing pelacak yang bernama Wolf dan Black mulai masa angkutan Natal dan Tahun Baru, bertugas menjaga dua stasiun di Kota Cirebon, yakni Kejaksan dan Prujakan dari ancaman terorisme.

Menurut Brigader Unit Pol Satwa Dit Samapta Polda Jabar Briptu Ginanjar Wahyu Ramadhan Wolf dan Black ‎adalah anjing pelacak milik Polda Jawa Barat yang dilatih untuk mendeteksi bahan peledak.

"Wolf merupakan anjing jenis labrador, sedangkan Black, anjing hasil perkawinan silang antara routweiler dengan herder dan keduanya memiliki kemampuan yang tak jauh berbeda yaitu mampu mendeteksi adanya ancaman teror bom," katanya.

Setiap harinya kata Ginanjar, kedua anjing pelacak ini akan menyterilisasi area stasiun seperti area parkir, peron dan pos penjagaan

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA