Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Menko Polhukam Mengaku Belum Tahu Nama-Nama Calon Dewas KPK

Rabu 18 Dec 2019 16:01 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Bayu Hermawan

Menko Polhukam Mahfud MD mengaku belum tahu siapa saja yang jadi Dewas KPK.

Menko Polhukam Mahfud MD mengaku belum tahu siapa saja yang jadi Dewas KPK.

Foto: Republika/Prayogi
Menkopolhukam Mahfud MD menyerahkan nama-nama calon Dewas KPK ke Presiden.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM, Mahfud MD mengaku belum mengetahui secara pasti siapa saja calon anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Mahfud mengatakan, keputusan siapa saja yang akan menjadi Dewas KPK diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

"Yang pasti siapa saja yang akan jadi dewan pengawas itu belum tahu secara resmi. Mungkin tahu secara diam-diam, tapu tidak tahu secara resmi. Oleh karena itu tidak bisa mengomentari sesuatu yang belum resmi," kata Mahfud di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Rabu (18/12).

Ia mengatakan, Jokowi sendiri sudah memiliki ukuran terkait siapa yang akan dipilih menjadi Dewas KPK. Tentunya, orang yang akan dipilih yakni memiliki integritas.  "Beliau (Jokowi) akan memilih orang yang berintegritas dan membuat masyarakat percaya. Itu saja ukurannya," ujar Mahfud.

Jokowi sendiri telah menyebutkan sejumlah nama yang diusulkan sebagai calon anggota Dewas KPK. Nama itu mulai dari Taufiequerachman Ruki hingga hakim Albertina Ho. Mantan Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung (MA) Artidjo Alkostar, juga masuk dalam bursa yang diusulkan sebagai calon anggota Dewas KPK.

"Dewan Pengawas KPK ya nama-nama sudah masuk tapi belum difinalkan. Karena kan hanya lima, ada dari hakim, ada dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana," kata Presiden Jokowi dalam diskusi dengan wartawan di Balikpapan, Rabu (18/12).


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA