Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

De Bruyne: City Harus Relakan Arteta Berlabuh ke Arsenal

Selasa 17 Dec 2019 14:01 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

Mikel Arteta saat berseragam Arsenal.

Mikel Arteta saat berseragam Arsenal.

Foto: AP Photo/Sang Tan
Arteta punya kesempatan mendapat peran yang bagus sebagai pelatih Arsenal.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Gelandang tengah Manchester City Kevin De Bruyne menyarankan Mikel Arteta agar mempertimbangkan langkahnya dalam menjalani karier kepelatihannya di tengah rumor ketertarikan Arsenal. Arteta yang menjadi asisten pelatih utama City, Josep Guardiola, dilaporkan siap angkat koper dari Manchester City.

Keinginan Arteta adalah demi menjadi juru racik anyar bagi Arsenal. De Bruyne pun berpendapat City harus merelakan Arteta pergi jika pria asal Spanyol itu memutuskan siap untuk mengambil alih pelatih utama Arsenal.

"Dia (Arteta) banyak membantu kami, tetapi jika ia mendapat (klub) bagus, dan memiliki kesempatan untuk menjadi pelatih kepala, saya pikir sebagai klub Anda harus membiarkan seseorang pergi," kata De Bruyne kepada wartawan dikutip Sportkeeda, Selasa (17/12).

Setelah resmi mendepak Unai Emery, the Gunners ditukangi oleh pelatih interim Freddie Ljungberg. Namun, dalam lima partai terakhir Ljungberg gagal memperbaiki pamor Arsenal.

Untuk itu, para petinggi klub langsung mengadakan pembicaraan dengan Arteta. Salah satu media Inggris, Mirror mengklaim bahwa pria berusia 37 tahun tersebut menerima tawaran menjabat sebagai mentor Hector Bellerin dkk.

"Sulit bagi saya untuk menjelaskan. Apa pun yang ingin ia lakukan, Anda harus melakukannya. Jika Anda ingin tumbuh, Anda perlu mengambil peluang ketika hal tersebut datang," sambung De Bruyne.

photo
Mikel Arteta (kiri) dan Pep Guardiola.

Di sisi lain, Arteta juga dikaitkan dengan jabatan di Everton, salah satu bekas klubnya. Namun, kubu Merseyside Biru dinilai sudah menjalin kesepakatan dengan Carlo Ancelotti.

Sebelumnya, Guardiola berharap Arteta akan melanjutkan kariernya di City. Tetapi baru-baru ini ia menginginkan yang terbaik bagi koleganya sesama Spanyol itu.

"Dia menemukan peran yang bagus sekarang. Saya kira suatu hari dia ingin menjadi pelatih kepala. Saya tidak tahu kapan, tetapi dia membantu tim dengan cara yang menurutnya bisa membantu dan melakukan pekerjaan dengan sangat baik," jelas Guardiola.

Adapun Stadion Emirates bukan hal yang asing bagi Arteta. Dirinya pernah memperkuat kesebelasan asal London Utara medio 2011 hingga 2016 sebelum memutuskan pensiun. Bersama Meriam London, Arteta total mencatat 110 penampilan dan mencetak 14 gol.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA