Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Khasiat Wortel dan Mitos Perang Dunia

Selasa 17 Dec 2019 03:35 WIB

Rep: Mgrol127/ Red: Didi Purwadi

Manfaat Wortel bagi kesehatan mata berawal dari sebuah mitos Perang Dunia II.

Manfaat Wortel bagi kesehatan mata berawal dari sebuah mitos Perang Dunia II.

Foto: Antara/Arnas Padda
Wortel menjaga sistem pencernaan tetap kuat dan bahkan mencegah sembelit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak asing lagi, wortel dikenal baik untuk mata. Fakta tersebut telah diyakini, dipelajari, bahkan ada bukti ilmiahnya agar Anda semakin yakin dengan kesempurnaan wortel untuk mata Anda.

Tapi, bagaimana hal itu bisa terjadi? Berikut keterkaitan wortel dengan penglihatan, dilansir dari IndianExpress, Kamis (12/12).

Awal Mula

Hubungan antara kesehatan mata dan wortel berasal dari mitos. Konon, selama Perang Dunia II, pilot Angkatan Udara Britania Raya adalah yang pertama kali menargetkan dan menembakkan pesawat musuh di malam hari.

Tapi, untuk menjaga rahasia teknologi baru ini, mereka memuji ketepatan visual mereka dengan memakan wortel di malam hari. Maka dimulailah sebuah propaganda yang menggembar-gemborkan wortel sebagai makanan yang sukses menjaga kesehatan mata. Mitos ini berlanjut hingga saat ini.

Menjaga kesehatan mata

Wortel kaya akan antioksidan, terutama beta karoten dan lutein yang diketahui dapat mencegah kerusakan mata oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa yang menyebabkan kerusakan sel dan dapat melemahkan mata. Sedangkan beta karoten lah yang memberikan wortel warna merah/oranye, yang diubah menjadi vitamin A oleh tubuh.

Tubuh yang kekurangan vitamin A, rentan terhadap kerabunan malam. Para ahli mengatakan, vitamin A membentuk rhodopsin (pigmen ungu kemerahan di mata yang peka terhadap cahaya) yang membantu kita melihat di malam hari.

Lebih jauh lagi, wortel kuning yang mengandung lutein diketahui dapat mencegah age-related macular degeneration (AMD) atau degenerasi makula terkait usia. Yaitu suatu kondisi yang menyebabkan penglihatan Anda secara bertahap menjadi kabur dan/atau hilang.

Manfaat lainnya

Selain mata, ada banyak manfaat lain untuk makan wortel. Kaya akan serat, wortel menjaga sistem pencernaan tetap kuat dan bahkan mencegah sembelit. Mereka juga dikenal untuk menstabilkan kadar gula darah.

Selain itu, wortel merah dan oranye memiliki likopen yang merupakan antioksidan pelindung jantung. Menjadi tinggi serat dan rendah kalori, wortel juga dapat meningkatkan berat badan.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA