Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Yuk, Goreng Ayam Crispy Ala Fontana

Selasa 17 Dec 2019 02:41 WIB

Rep: Mgrol127/ Red: Didi Purwadi

Ayam goreng

Ayam goreng

Foto: foodspotting
Rendamlah ayam dengan air garam dan diamkan semalaman di dalam lemari es.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda suka membuat ayam goreng krispi di rumah? Atau seringkali gagal untuk mendapatkan krispi ayam goreng yang diharapkan? Jangan khawatir, Joe Fontana, pemilik Fry the Coop di Chicago, membagikan tips mendapatkan ayam goreng renyah yang lezat.

Berikut langkah-langkah yang dikutip dari TheKitchen, Senin (16/12).

1.Lunakkan Daging Ayam
“Jika Anda mencari ayam yang meleleh di mulut Anda, Anda harus melunakkannya terlebih dahulu,” kata Fontana.

Sebelum digoreng, sebaiknya Anda melunakkan dada ayam terlebih dahulu dengan garpu untuk membuat banyak lubang di permukaan ayam. Ini mempersiapkan ayam untuk memaksimalkan langkah brining berikutnya. Brining merupakan salah satu teknik memasak dengan merendam bahan makanan, terutama daging dengan air garam.

2.Tambahkan air garam
Salah satu cara lain untuk melunakkan daging ayam, Anda perlu membuat air garam. Caranya, rendamlah ayam dengan air garam dan diamkan semalaman di dalam lemari es.

Anda juga bisa menambahkan bumbu apapun yang Anda suka. Anda bisa menggunakan bumbu yang sama seperti yang akan Anda gunakan untuk membumbui tepung nanti. Tetapi kuncinya di sini adalah garam, yang membantu membuatnya empuk dan berair.

“Jika Anda menutup mata dan harus menebak ayam goreng brined (direndam air garam) versus ayam goreng non-brined, Anda akan melihat yang brined jauh lebih lembut,” kata Fontana.

3.Bumbui tepung
“Banyak orang hanya menambahkan ayam mereka dengan tepung biasa,” kata Fontana.

Itu akan menjadi masalah karena ayam akan terasa hambar. Untuk itu, Anda perlu tambahkan banyak cabe rawit. Anda juga bisa menambahkan paprika, bubuk bawang putih, dan bubuk bawang.

4.Campurkan Keduanya
Saat membuat ayam krispi, tangan Anda pasti dalam keadaan satu kering dan satu lagi basah. Ternyata, perpaduan dari kedua tangan itu akan menghasilkan ayam goreng krispi Anda menjadi lebih renyah.

Pertama, ambil tangan Anda yang basah lalu celupkan ayam ke dalam buttermilk Anda dan taruh di atas tepung. Kemudian, gunakan tangan kering Anda dan taburkan tepung ke seluruh ayam yang telah teroles buttermilk tadi.

Ulangi proses ini beberapa kali sebelum ditaburi tepung roti (breading). Anda dipastikan akan membuat nugget kecil renyah, seperti yang dikatakan Fontana: ayam goreng yang begitu memuaskan.

5.Gunakan Tenaga Anda untuk Menekan-nekan
Saat Anda melakukan proses mencampur buttermilk dan tepung, Anda perlu menekan keras pada ayam untuk memastikan tepung roti tetap menempel saat Anda menggorengnya. Fontana mengatakan, Chick-fil-A (raja ayam goreng cepat saji) bahkan memiliki aturan bahwa pegawainya harus menumpukan tumitnya ke lantai saat melakukan proses ‘menekan-nekan’ ayam untuk memastikan bumbu tersebut meresap pada ayamnya.

6.Goreng dua kali.
Di Korea, Anda dapat menemukan ayam goreng di hampir setiap sudut kota. “Dan, ini luar biasa karena mereka semua menggorengnya dua kali,” kata Fontana.

Beberapa restoran di Selatan mulai melakukan ini juga. Dan, Fontana membagikan tips menggoreng ayam dengan teknik blanching (dua kali penggorengan).

Panaskan minyak hingga 250 derajat Fahrenheit. Masak ayam bagian dada selama sekitar lima menit. Ayam bagian paha atas bertulang (bone-in) dimasak selama sekitar 12 menit. Lalu, diamkan 15 hingga 20 menit dan kemudian goreng lagi selama dua hingga tiga menit untuk dada atau lima menit untuk paha atas.

Atau, Anda bisa menyelesaikan langkah pertama, biarkan ayam dingin dan simpan di lemari es, lalu goreng kedua kalinya pada hari berikutnya sebelum disajikan. Ayam akan bertahan hingga tiga hari di lemari es setelah satu kali goreng.

7.Berikan banyak ruang
“Berhati-hatilah untuk memasukkan terlalu banyak ayam ke dalam minyak dalam satu waktu bersamaan. Karena, memasukan ayam terlalu banyak itu dapat secara drastis menurunkan suhu minyak sehingga menghasilkan ayam goreng yang lembek dan berminyak,” kata Fontana.

Misalnya, jika Anda mengatur suhu minyak ke 350 derajat fahrenheit dan menambahkan satu potong ayam dingin, itu bisa menurunkan suhu hingga 100 derajat.

Sebaliknya, jika Anda menggoreng ayam dalam ukuran kecil, perhatikan suhu minyak Anda. Anda juga dapat membiarkan ayam Anda di meja selama satu jam sebelum menggoreng sehingga tidak sedingin suhu di lemari es.

Jika Anda mengikuti tips ini dan menjadikan ayam goreng dari cara Fontana, jangan kaget jika Anda ketagihan untuk memakannya. Selamat mencoba!

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA