Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Menang Tipis Atas Barito, Persipura ke Posisi Dua Klasemen

Senin 16 Dec 2019 17:26 WIB

Red: Israr Itah

Liga 1 Indonesia. Persipura mengalahkan Barito Putera 1-0.

Liga 1 Indonesia. Persipura mengalahkan Barito Putera 1-0.

Foto: liga-indonesia.id
Persipura mengalahkan Barito dengan skor tipis 1-0 dalam laga pekan ke-33.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persipura naik ke posisi kedua klasemen sementara Liga 1 2019 setelah meraih tiga poin dalam laga kontra Barito Putera, Senin (16/12). Persipura mengalahkan Barito dengan skor tipis 1-0 dalam laga pekan ke-33 di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

Gol kemenangan Persipura dicetak oleh Ibrahim Conteh pada menit ke-65. Ia menyambut bola sepakan Todd Ferre yang mengenai tiang gawang  Barito.

Baca Juga

Persipura kini mengoleksi nilai 52, unggul tiga angka dari Borneo FC di peringkat ketiga. Sementara Barito berada di peringkat 14 dengan nilai 40 dengan satu laga tersisa.

Jalannya laga

Pada 15 menit pertama, Barito Putera tampil lebih impresif dan memiliki peluang melalui empat tendangan penjuru, namun masih digagalkan barisan pertahanan Persipura. Peluang Barito Putera melalui sundulan kepala Rafael Da Silva masih digagalkan kiper Persipura Dede Sulaiman. Begitu juga tandukan Gavin Kwan yang masih membentur mistar gawang pada menit ke-14 usai menerima umpan cantik Paulo Sitanggang.

Tuan rumah memperoleh peluang saat Ian Louis Kabes yang mengirimkan bola ke gawang melalui tendangan bebas menit ke-32, tapi si kulit bundar dihalau pemain belakang Barito Putera. Umpan silang mendatar Oh Inkyun juga gagal dimanfaatkan Persipura.

Striker lokal Barito Putera Samsul Arif nyaris mencatatkan namanya di papan skor. Tendangan kerasnya dari sisi kanan di dalam kotak penalti masih membentur mistar gawang lawan.

Pelatih Barito Putera Djadjang Nurdjaman pada pertengahan babak pertama melakukan rotasi dengan memasukkan Kosuke Uchida dan menarik keluar ST Dou. Masuknya pemain asing asal Jepang tersebut diharapkan menambah daya gedor tim tamu, namun hingga 45 menit babak pertama berakhir kedudukan masih imbang 0-0.

Permainan kedua tim memang secara umum kurang berkembang dan terlihat lebih memilih berhati-hati saat melakukan serangan karena hujan deras yang mengguyur di kawasan stadion sejak sebelum pertandingan.

Babak kedua, pelatih Persipura Jacksen F Tiago memasukkan Todd Ferre menggantikan Gunansar Mandowen. Masuknya Todd memberikan warna baru bagi serangan Persipura. Pada satu kesempatan, Todd menyambut umpan silang dari sisi kanan dengan tendangan langsung. Bola menyentuh pemain Barito dan berubah arah mengenai tiang gawang. 

Conteh dengan cepat menyambar bola muntah dengan tendangan first time ke tiang dekat. Aditya Harlan yang sudah berusaha gagal menyelamatkan gawangnya pada menit ke-65.

Gol ini direspons Djadjang dengan menarik Yakob Sayuri dan menggantikannya dengan Nazarul Fahmi. Akan tetapi Persipura tampil disiplin untuk menjaga lini pertahanannya tak mudah dibobol. Jacksen juga aktif memberikan instruksi dari pinggir lapangan untuk anak-anak asuhannya. 

Djadjang masih berusaha mengubah keadaan dengan memasukkan Ady Setiawan pada menit ke-82 menggantikan Paulo Sitanggang. Tapi gol penyama kedudukan yang dicari tak datang hingga laga berakhir.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA