Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

ASDP Merak Sediakan Berbagai Fasilitas Baru Sambut Nataru

Senin 16 Dec 2019 17:21 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Dwi Murdaningsih

  ASDP Merak mewaspadai lonjakan penumpang saat Nataru. Foto: Sejumlah kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatera dari ASDP Merak. (ilustrasi).

ASDP Merak mewaspadai lonjakan penumpang saat Nataru. Foto: Sejumlah kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatera dari ASDP Merak. (ilustrasi).

Foto: Asep Fathulrahman/Antara
ASDP Merak mewaspadai lonjakan penumpang saat Nataru.

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON--Pelabuhan Merak, Cilegon saat ini merampungkan persiapan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada angkutan hari raya natal dan tahun baru 2020 (nataru). Berbagai fasilitas baru seperti vending machine untuk tiket hingga penambahan loket disebut akan semakin mempermudah penumpang kapal khususnya di lintas Merak- Bakauheni. Gmn

"Fasilitas yang terkait dengan penumpang langsung yaitu kita adakan penambahan loket dan yang membedakan dengan tahun lalu, sekarang kita ada vending machine. Untuk anak muda atau remaja tentu ini akan lebih mudah, kalau bagi bapak-bapak atau yang oerku kita pandu akan kita ajarkan juga. Jadi penumpang bisa langsung ambi sendiri tiketnya," ucap General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Merak, Solikin, Senin (16/12).

Menurutnya, di Pelabuhan Merak biasanya pada angkutan nataru akan terjadi peningkatan jumlah penumpang dari hari biasanya, walaupun jumlahnya tidak sebanyak pada angkutan lebaran. Pembenahan berbagai fasilitas yang merupakan hasil dari evaluasi angkutan sebelumnya juga menurut Solikin telah dilakukan.

Ia mengatakan bahwa angkutan kali ini diharapkan bisa lebih memudahkan akses penumpang atau kendaraan  menuju kapal. "Kita terus berbenah fasilitas, baik untuk flow penumpang atau untuk kendaraan. Suapaya tidak ada yang merasa kesulitan untuk mengakses jalan menuju ke kapal. Kita juga sudah menempatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih terlatih lagi. Catatan lain dari evaluasi kemarin seperti toilet hingga fasilitas ibadah juga sudah kita benahi," terang Solikin.

Sebagi bentuk antisipasi kegawatdaruratan, ASDP Merak juga telah bekerjasama dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hingga Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) untuk meyakinkan keselamatan penumpang.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA