Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Polisi Periksa 25 Anggota Polrestabes Bandung Soal Tamansari

Senin 16 Dec 2019 12:10 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Nur Aini

Penggusuran Tamansari Bandung

Penggusuran Tamansari Bandung

Foto: Abdan Syakura
Polisi Bandung diduga melakukan kekerasan terhadap warga saat penggusuran Tamansari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Polri telah melakukan pemeriksaan terhadap puluhan personelnya terkait dugaan kekerasan kepada warga saat penggusuran rumah di Tamansari, Bandung, Jawa Barat.   

“Polda Jawa Barat (Jabar) melakukan pemeriksaan, ada 25 personel Polrestabes diperiksa,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (16/12).

Baca Juga

Iqbal menjelaskan, pemeriksaan tersebut dilakukan guna mengetahui sejauh mana dugaan pelanggaran yang dilakukan. Propam Polri pun kata dia, telah diturunkan untuk menindaklanjuti dugaan kekerasan personelnya.

“(Diperiksa) untuk mengetahui sejauh mana proses SOP sudah dilakukan, apakah ada dugaan pelanggaran dan lain-lain. Propam sudah turun nanti kita sampaikan (hasilnya),” kata Iqbal.

Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra menambahkan, anggota yang diperiksa terkait dugaan kekerasan saat penggusuran Tamansari sebanyak 25 orang. Sebanyak 25 orang tersebut seluruhnya merupakan anggota Polrestabes Bandung.

“Sekitar 25 orang (diperiksa) untuk mengetahui kedalaman peristiwa itu terjadi. (Anggota) dari Polrestabes di Bandung,” kata Asep.

Selain itu, polisi melakukan pemeriksaan terhadap penggunaan gas air mata yang dilakukan kepolisian saat penggusuran. Apakah penggunaan gas air mata tersebut telah sesuai SOP polri atau tidak akan diperiksa oleh Propam.

“Dari internal dulu karena propam fokus ke internal, nanti hasilnya (akan) disampaikan,” ujar Asep.

Saat ditanyakan mengenai adanya desakan dari LSM yang menginginkan agar Kapolda jabat dicopot dari jabatan, Asep enggan menanggapi lebih lanjut. Menurut Asep, saat ini kepolisian masih fokus terhadap pemeriksaan internal.  

“Sekarang kita fokus melakukan pemeriksaan dulu, pendalaman intinya,” kata dia.

Sebelumnya, beredar video dugaan oknum polisi melakukan kekerasan terhadap warga saat proses penggusuran pemukiman di kelurahan Tamansari, di Bandung, Kamis (12/12). Saat kericuhan terjadi, polisi pun mengamankan puluhan warga yang dianggap melawan petugas dengan melakukan pelemparan batu. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA