Sabtu 14 Dec 2019 10:34 WIB

Penghapusan UN Dinilai Tepat

UN hanya menilai siswa dari nilai-nilai kognitif yang tertulis dengan angka.

Tamsil Linrung
Foto: Ist
Tamsil Linrung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pendiri sekolah Insan Cendikia Madani (ICM) Serpong Tamsil Linrung mendukung gagasan menghapus Ujian Nasional (UN), dan mengganti menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

Hal ini, menurut Tamsil, akan mendorong peserta didik berpikir logis, berprestasi sesuai kompetensi dan mengasah karakter siswa lebih baik. Guru ditantang agar menerapkan proses belajar yang dapat dipahami siswa, bukan hanya sekedar hafalan semata.

"Kebijakan "Mas Menteri” (Nadiem Makarim, Red) sudah tepat. Penghapusan UN menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter sangat bagus untuk mengasah kemampuan guru dan murid dalam menstransfer dan memahami materi pembelajaran yang lebih holistik dan komprehensif," kata Tamsil yang juga anggota DPD RI Dapil Sulawesi Selatan ini.

Dijelaskannya, berbeda dengan UN yang hanya menilai siswa dari nilai-nilai kognitif yang tertulis dengan angka di hasil lembar jawaban, sementara nilai dari sikap dan perilaku untuk membentuk siswa yang berbudi pekerti serta berkarakter justru dikesampingkan. UN juga menjadi momok yang menakutkan bagi siswa, karena masa depannya ditentukan oleh nilai UN.

Selain itu,lanjutnya, terjadi ketidakadilan dalam dunia pendidikan Indonesia karena tiap sekolah memiliki standar mutu yang berbeda-bed. Sehingga evaluasi yang diberikan seharusnya menyesuaikan. UN bukan menjadi sarana untuk mengontrol mutu pendidikan. Mutu pendidikan tidak bisa hanya berdasar pada jumlah siswa yang mendapat nilai UN 100 dan lulus.

Karena itu, Tamsil sangat mendukung penghapusan UN. Berdasarkan pengalaman mendirikan jaringan sekolah Insan Cendekia Madani (ICM), dia melihat konsep sekolah berasrama (boarding school) dapat diandalkan untuk membangun kompetensi intelektual dan moral atau karakter siswa. Pendidikan Islam modern berbasis boarding school merupakan solusi implementatif konsep link and match.

"Kami di ICM sudah mengarahkan anak didik menguasai kompetensi pilihan sesuai kebutuhan zamannya. Untuk aspek pembinaan karakter, lebih terarah karena dibimbing setiap saat. 24 jam sehari, siswa dapat mengakses tenaga pendidik maupun memanfaatkan fasilitas di sekolah dan asrama,” imbuh Tamsil.

Menurut Tamsil, siswa di jaringan sekolah Insan Cendekia Madani yang ia kelola memanfaatkan teknologi mutakhir dan terbaik dalam proses pembelajaran. Program-program pendidikan dirancang dinamis dan futuristis. Mengadopsi kurikulum internasional Cambridge. Termasuk program overseas ke luar negeri. Formulasi tersebut terbukti mendorong penguatan kompetensi intelektual dan moral siswa.

“Alumni kita sudah tersebar di berbagai perguruan tinggi terbaik di dalam negeri. Seperti ITB, UI, IPB. Bahkan ada yang diterima sekaligus di 7 universitas terbaik di Jerman,” kata Tamsil.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengusulkan menghapus Ujian Nasional (UN) mulai 2021. UN akan diganti menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Penilaiannya terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement