Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Jokowi Sambut Baik Rencana Investasi Mantan Bos Bank Dunia

Jumat 13 Dec 2019 18:28 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nur Aini

Jim Yong Kim.

Jim Yong Kim.

Foto: Reuters/ca
Mantan presiden Bank Dunia berencana investasi 3 miliar dolar AS di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik rencana investasi oleh mantan presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim, di Indonesia mulai 2020 nanti. Melalui Global Infrastructure Partners (GIP), Jim berencana menanamkan modalnya di Indonesia sebesar 3 miliar dolar AS untuk proyek pembangkit hydropower, transmisi listrik, dan manajemen bandara.

"GIP melihat bahwa Indonesia memiliki keinginan yang baik di pembangunan jalan tol, pelabuhan, airport, power plant, yang semua itu secara ekonomi, secara bisnis itu feasible, sehingga mereka ingin membantu kita, bukan pinjaman ya," kata Jokowi di Istana Negara, Jumat (13/12).

Baca Juga

Jokowi pun meminta Jim untuk menindaklanjuti rencana investasinya bersama para menteri terkait. Secara prinsip, ujar Jokowi, dirinya terbuka dengan rencana yang disampaikan Jim karena Indonesia memang membutuhkan investasi.  

GIP merupakan ekuitas swasta yang berinvestasi melalui proyek-proyek energi, transportasi, dan air di negara-negara kaya dan berkembang. GIP berencana merealisasikan investasinya di Indonesia mulai 2020.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA