Saturday, 5 Rabiul Awwal 1444 / 01 October 2022

Cegah Wabah Hepatitis A, PMI Depok Penyuluhan ke Sekolah

Kamis 12 Dec 2019 15:09 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah

Seorang pasien yang juga pelajar SMP 20 Depok yang terjangkit Hepatitis A (ilustrasi)

Seorang pasien yang juga pelajar SMP 20 Depok yang terjangkit Hepatitis A (ilustrasi)

Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Penyuluhan dilakukan untuk memberikan edukasi dan sosialiasasi ke para siswa

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sebagai upaya pencegahan dan pemulihan trauma pasca Kejadian Luar Biasa (KLB) Hepatitis A di SMPN 20 Depok, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok melakukan penyuluhan ke sekolah-sekolah. "Hal ini dilakukan untuk memberikan edukasi dan sosialiasasi ke para siswa, bagaimana faktor penyebaran virus dan pencegahannya," ujar Kordinator Promosi Kesehatan PMI Kota Depok, Imron Maulana di Kantor PMI Kota Depok, Kamis (12/12).

Ada lima sekolah yang disambangi PMI Kota Depok. Kelimanya yakni SDN Parung Bingung 1 dan 2, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Muhtadin, SMPN 20 serta SMPN 26 Depok. "Selain para siswa, kami juga menghampiri warga yang berada di lingkungan sekolah untuk sampaikan penyuluhan terkait penyebaran virus Hepatitis A dan pencegahannya," terangnya.

Baca Juga

Dalam penyuluhan tersebut, PMI Kota Depok didampingi oleh petugas dari Puskesmas. "Hal ini merupakan upaya kami agar penyebarannya tidak meluas. Relawan kami juga menyampaikan materi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," tuturnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini juga untuk memulihkan trauma siswa SMPN 20 Depok pasca KLB Hepatitis A. Banyak siswa yang takut ke sekolah karena khawatir bisa terjangkit virus Hepatitis A.

"Kami pulihkan trauma mereka dengan memberikan edukasi. Tentunya, penyampaian disesuaikan juga dengan siswa seusia mereka. Kita menyasar siswa kelas 3, 4 dan 5. Yang jelas ada strategi khusus. Mudah-mudahan apa yang dilakukan ini bisa membuka wawasan mereka untuk lebih peduli terhadap kesehatan," pungkas Imron. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA