Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Inilah ‘Pabrik Uang’ HM Fitno, Crazy Rich Pondok Indah yang Dermawan

Selasa 10 Dec 2019 09:15 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

HM Fitno, pengusaha tajir yang punya rumah mewah di Pondok Indah. Ia juga murah hati dan rajin sedekah setiap hari. Mau tahu sumber kekayaannya berasal dari mana?

HM Fitno
HM Fitno via Instagramnya @fitno_fabulous

Baca Juga

Dikenal sebagai pengusaha sukses dan tajir melintir, nama H. Muhammad Fitno atau disingkat HM Fitno populer karena kedermawanannya. Konglomerat yang memiliki rumah mewah bak istana di Pondok Indah tersebut ternyata rajin bersedekah.  

Mungkin itulah kunci keberhasilannya. Dengan bersedekah, harta tidak akan pernah berkurang. Justru cara ini mampu melipatgandakan rezeki dan menolak bala. Selain kebiasaan Fitno berbagi atau bersedekah Rp 10 juta per hari, Pria asal Pangkal Pinang ini berjaya karena kerja keras.

Kerja keras tersebut sukses dibuktikan dengan membangun kerajaan bisnis di bawah bendera F Corporation. Bisnisnya kian menggurita dengan banyak anak usaha. Mulai dari bidang properti; teknologi, telekomunikasi media & digital; perhotelan; gaya hidup; perdagangan dan distribusi; investasi dan manajemen aset; serta infrastruktur dan mekanik.

Dengan nama legal PT MFI Sinar Investama, F Corporation melakukan operasi bisnisnya di seluruh wilayah Indonesia di bawah manajemen lebih dari 18 anak usaha, usaha patungan, dan rekanan. Kini, perusahaan tersebut telah memiliki ratusan karyawan.

Menilik sekilas kisah hidupnya, Fitno bukan terlahir dari keluarga berada. Ia justru mencari peruntungan di Jakarta sebagai perantauan dengan modal ala kadarnya. Berbekal uang Rp 50 ribu, Fitno gigih mondar mandir melamar pekerjaan di Ibu Kota.

Usahanya berbuah hasil. Fitno diterima bekerja sebagai telemarketing di sebuah perusahaan. Itulah awal karier anak bontot dari 11 bersaudara ini di Jakarta. Gajinya waktu itu sekitar Rp 600 ribu per bulan.

Fitno terus berjuang dan bertahan dengan kerasnya hidup di Ibu Kota. Tidak ada kata menyerah dalam kamus hidupnya. Hingga akhirnya, berkat kegigihan, keuletan, kerja keras, dan ‘dewi fortuna’ yang selalu menyertainya, Fitno berhasil menjadi pengusaha kaya raya.

Berikut ini beberapa deretan bisnis yang sukses didirikan dan dikembangkan HM Fitno:

Baca Juga: Menekuni Bakatnya Sejak Kecil Antarkan Raisa Andriana Jadi Penyanyi Papan Atas. Ini Kisah Inspiratifnya!

 

1. Ebaba

Marketplace atau e-commerce yang menyediakan kebutuhan fesyen muslim terbesar di Indonesia dengan harga terjangkau. Berada di bawah naungan PT Ebaba Muslim Indonesia.

Konsumen dapat berbelanja fesyen, alat ibadah, makanan halal sampai perlengkapan haji di situs atau aplikasi belanja online ini. Uniknya lagi, tersedia layanan jasa Islami, seperti umrah, aqiqah, hingga pemakaman.

2. F Hotel Jakarta

Fitno mengembangkan sayap bisnis ke industri perhotelan. Membangun merek F Hotel di bawah pengelolaan PT F200. Kini, F Hotel Jakarta berada di wilayah Panglima Polim, Blok M, Jakarta Selatan. Desain interior bergaya Batavia klasik, tarif sewa menginap di hotel ini mulai dari Rp400 ribu per malam.

3. BANG! Martabak

Bisnis kuliner tak luput dari perhatian Fitno. Merek BANG! Martabak meramaikan persaingan bisnis martabak di Tanah Air. Di bawah naungan PT Industri Kreatif Berkarya, outlet BANG! Martabak tersebar di beberapa wilayah di Jakarta karena menerapkan sistem franchise.

Outlet utamanya ada di bilangan Panglima Polim, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Bisa juga order online via Gofood dan Grabfood. Harga martabak yang ditawarkan berkisar Rp20 ribu-100 ribu per loyang.

4. Restoran Kampoeng Bangka

HM Fitno juga membuka Restoran Kampoeng Bangka yang khusus menyajikan aneka masakan Bangka Belitung. Manajemen restoran ini berada di bawah PT F200. Rumah makan Bangka pertamanya berada di bilangan Panglima Polim, Jakarta Selatan.

Selain masakan bangka, tersedia pula masakan otentik Thailand dan dari negara Asia lainnya. Uniknya diolah dengan cita rasa Bangka. Harga makananya berkisar mulai dari Rp 33 ribu.

Baca Juga: Cerita Raffi Ahmad dari Sukses Meniti Karir Hingga Gurita Bisnisnya yang Bikin Tajir Melintir

5. Villa Padi Jakarta 

Di bidang properti, HM Fitno di bawah pengelolaan anak usaha PT MFI Bhumi Sriwijaya membangun hunian asri di wilayah Jakarta Selatan. Bernama Villa Padi Jagakarsa yang lengkap dengan berbagai fasilitas seperti rumah sakit, mal, sekolah, hingga kolam renang, dan taman bermain. Perusahaan tersebut juga membangun ruko di daerah Pamulang, Jakarta.

6. Nuuron

F Corporation melalui anak usahanya PT F100 bermain di bisnis kosmetik. Merilis kosmetik halal dengan mengusung merek Nuuron. Produk kecantikan yang cukup dikenal publik adalah lipstik dan eyeshadow.

7. BANG! Crackers 

BANG! Crackers dikembangkan PT F100. Adalah crackers atau snack yang terbuat dari bahan utama cumi-cumi. Panganan ini bisa dibeli melalui toko online, seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Butuh Modal Usaha? Pilih KTA, KMG, atau Pinjaman Online

HM Fitno dapat menjadi inspirasimu yang sedang berjuang menuju kesuksesan dalam merintis bisnis. Jangan pernah lelah belajar, bekerja, berjuang, dan membaca peluang pasar.

Bila terkendala modal, Anda dapat menggunakan Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Multiguna (KMG), atau pinjaman online (pinjol). Pilih fasilitas kredit sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Baca Juga: Gak Nyangka! Ternyata Ini Rahasia Nia Ramadhani Bisa Hidup Bergelimang Harta

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA