Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Seleksi Dirut Garuda Dimulai Pekan Ini

Selasa 10 Dec 2019 07:34 WIB

Red: Budi Raharjo

Menteri BUMN, Erick Thohir

Menteri BUMN, Erick Thohir

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Dengan pencopotan empat direksi, kini hanya tersisa dua direktur yang tetap menjabat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan secepatnya memulai proses seleksi direktur utama (dirut) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Kementerian BUMN pun telah mengajukan permohonan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).

Untuk mengisi kekosongan direksi, Dewan Komisaris Garuda Indonesia kemarin menunjuk pelaksana tugas direktur dan pejabat direktur perusahaan maskapai nasional tersebut. "Mungkin pekan ini (seleksi). Saya baru ada meeting dengan direksi Garuda pekan ini," kata Erick setelah tampil dalam pentas drama di SMKN 57 Jakarta, Senin (9/12).

Lima direksi garuda telah dicopot menyusul terkuaknya kasus penyelundupan sepeda motor Harley Davidson dan sepeda Brompton melalui pesawat baru yang didatangkan Garuda Indonesia. Eks dirut Garuda Ari Askhara sudah lebih dulu dicopot dari posisinya. Sementara, pada Senin (9/12), Dewan Komisaris Garuda Indonesia resmi memberhentikan sementara empat direksi lainnya.

Dengan pencopotan empat direksi, kini hanya tersisa dua direktur yang tetap menjabat. Kedua direktur itu adalah Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Fuad Rizal yang saat ini ditunjuk sebagai pelaksana tugas dirut dan Direktur Niaga Pikri Ilham Kurniansyah.

Erick mengatakan, dewan komisaris telah melalui proses review yang mendalam sebelum melakukan pencopotan direksi. Ia mengatakan, direksi yang diberhentikan tidak hanya karena mereka nekat terbang ke Prancis untuk menjemput Airbus A330-900neo tanpa seizin Kementerian BUMN.

"Enggak juga. Kalau itu kan ada yang bawa sepeda juga. Terus ada proses sistemik di mana ini kejadian bukan individu. Saling mendukung. Mohon maaf, kalau dari aturan hukum, kalau berkolaborasi untuk berbuat kejahatan, ya, terkena juga," kata Erick.

Terkait proses hukum, Erick menyerahkan sepenuhnya kepada Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan dan kepolisian. Dia menegaskan, tugasnya sebagai menteri BUMN lebih kepada mengatur korporasi untuk memperbaiki kinerja BUMN sekaligus mengakselerasi pengembangan bisnis. Untuk perbaikan kinerja, salah satu upayanya adalah merombak direksi yang dianggap bermasalah.

"Domain pidana bukan di saya. Itu ada proses laporan Bea Cukai, ke pihak kepolisian. Jadi, saya mungkin tidak bisa komen untuk yang bagaimana apakah ini jadi tersangka," katanya.

Dewan Komisaris Garuda Indonesia pada Senin resmi melakukan pencopotan sementara empat direksi setelah kasus penyelundupan. Komisaris Utama Garuda Indonesia Sahala Lumban Gaol mengatakan, pencopotan itu sebagai tindak lanjut pertemuan dewan komisaris dengan Menteri BUMN sebagai pemegang saham seri A dwiwarna Garuda Indonesia.

"Dewan Komisaris Garuda Indonesia sesuai kewenangan dalam anggaran dasar perseroan telah menerbitkan Surat Keputusan Dewan Komisaris Garuda Indonesia tentang Pemberhentian Sementara Waktu Anggota-Anggota Direksi Garuda Indonesia," kata Sahala dalam pernyataan tertulisnya, Senin.

Keempat direksi yang diberhentikan adalah Direktur Operasi Garuda Indonesia Bambang Adisurya Angkasa, Direktur Kargo Dan Pengembangan Usaha Garuda Indonesia Mohammad lqbal, Direktur Teknik dan Layanan Garuda Indonesia lwan Joeniarto, dan Direktur Human Capital Garuda Indonesia Heri Akhyar.

Untuk menjaga kelangsungan operasional, Dewan Komisaris Garuda Indonesia sudah menunjuk pelaksana tugas direksi tersebut. Dewan Komisaris menunjuk Fuad Rizal sebagai pelaksana tugas direktur operasi serta direktur teknik dan layanan. "Fuad Rizal menjabat itu di samping melaksanakan tugasnya sebagai pelaksana tugas direktur utama dan direktur keuangan dan manajemen risiko sampai dengan penetapan secara definitif oleh rapat umum pemegang saham," kata Sahala.

Selanjutnya, Pikri Ilham Kurniansyah ditetapkan sebagai pelaksana tugas direktur human capital serta direktur kargo dan pengembangan usaha. Ilham juga melaksanakan tugasnya sebagai direktur niaga sampai dengan penetapan secara definitif oleh RUPS.

Sahala memastikan, pelaksana tugas tersebut telah menunjuk dan menetapkan pelaksana tugas harian. "Ini untuk bertindak melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai bidang masing-masing," ujar Sahala.

Pelaksana tugas harian tersebut yaitu Tumpal Manumpak Hutapea sebagai pejabat direktur operasi, Mukhtaris sebagai pejabat direktur teknik dan layanan, Joseph Dajoe K Tendean sebagai pejabat direktur kargo dan pengembangan usaha, dan Aryaperwira Adileksana sebagai pejabat direktur human capita/.

Sahala menambahkan, dewan komisaris sudah menyampaikan permintaan kepada direksi Garuda Indonesia agar segera menyelenggarakan RUPS. "Ini untuk mengukuhkan pemberhentian sementara waktu anggota-anggota direksi tersebut sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Sahala.

Baca Juga

photo
Plt Dirut Garuda Indonesia, Fuad Rizal.


Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, keputusan penunjukan direksi Garuda definitif akan disampaikan dalam rapat RUPSLB. Kementerian BUMN, kata dia, telah mengajukan permohonan untuk RUPSLB Garuda Indonesia ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Senin. Arya mengatakan, berdasarkan peraturan, pelaksanaan RUPSLB dapat dilakukan 45 hari sejak surat permohonan dikirimkan ke OJK.

Saat ini, lanjut Arya, terdapat sejumlah direksi Garuda Indonesia yang diberhentikan sementara waktu menyusul terungkapnya kasus penyelundupan motor Harley Davidson bekas dan dua sepeda Brompton dalam pesawat baru Airbus A330-900.
Arya menyampaikan, sanksi juga diberikan kepada Direktur Operasi Garuda Indonesia Bambang Adisurya Angkasa yang mendapatkan sanksi pemberhentian sementara.

Meski tidak ikut dalam penerbangan yang berujung kontroversi tersebut, Bambang dinilai bertanggung jawab dalam operasional penerbangan tersebut. "Dia orang operasional dan dia tahu semua (operasional) penerbangan," ujar Arya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tak khawatir dengan operasional Garuda meski posisi dirut saat ini dijabat Fuad Rizal sebagai plt yang sekaligus direktur keuangan dan manajemen risiko. "Saya pikir satu korporasi sebesar Garuda banyak sekali tenaga maintenance dan operasional yang piawai. Menurut hemat saya, tidak akan ada masalah," kata Budi.

Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (Ikagi) menegaskan, operasional maskapai Garuda Indonesia tetap berjalan normal. Kasus penyelundupan yang berujung pada pemberhentian sementara direksi tak memengaruhi kinerja para pegawai.

"Operasional penerbangan tidak ada terganggu. Kami percaya kepada karyawan lain, apalagi Garuda dibantu Gapura. Jadi, untuk publik, masyarakat, penumpang penerbangan, tidak perlu khawatir," kata Sekretaris Jenderal Ikagi Jacqueline. n sapto andika candra/rahayu subekti/muhammad nursyamsyi, ed: satria kartika yudha

Direksi Garuda Terkini

Pelaksana Tugas Direktur Utama Fuad Rizal
Pelaksana Tugas Direktur Operasi Fuad Rizal

Pelaksana Tugas Direktur Teknik dan Layanan Fuad Rizal
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Fuad Rizal

Direktur Niaga Pikri Ilham Kurniansyah
Pelaksana Tugas Direktur Human Capital Pikri Ilham Kurniansyah

Pelaksana Tugas Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Pikri Ilham Kurniansyah
Pejabat Direktur Operasi Tumpal Manumpak Hutapea

Pejabat Direktur Teknik dan Layanan Mukhtaris
Pejabat Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Joseph Dajoe K Tendean

Pejabat Direktur Human Capital Aryaperwira Adileksana

Direktur yang dicopot
Direktur Utama I Gusti Ngurah Akshara Danadiputra

Direktur Operasi Garuda Indonesia Bambang Adisurya Angkasa
Direktur Kargo Dan Pengembangan Usaha Mohammad lqbal

Direktur Teknik Dan Layanan lwan Joeniarto
Direktur Human Capital Heri Akhyar


 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA