Ahad 08 Dec 2019 12:45 WIB

Alumni Undip Ajak Masyarakat Makan Ikan

Alumni Undip berkewajiban membantu sosialisasi hidup sehat dengan makan

Rep: Muhyiddin/ Red: Esthi Maharani
Warga menggoreng ikan dalam acara Makan Ikan Bersama di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Kamis (21/11/2019).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Warga menggoreng ikan dalam acara Makan Ikan Bersama di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Keluarga Alumni Universitas Diponegoro (IKA UNDIP) DKI Jakarta dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak masyarakat memakan ikan di Pintu Barat Daya Monas Jakarta, (8/12). Acara berjuluk “Ayo Jalan Sehat, Ayo Makan Ikan” ini diikuti kurang lebih dua ribu peserta yang terdiri dari Alumni Universitas Diponegoro, pegawai Kementrian KKP dan juga masyarakat umum.

Dalam keterangannya, Ketua IKA Undip DKI Noor Rachmad menjelaskan, tema makan ikan dan jalan sehat selama ini jarang diselenggarakan. Karena itu, Menurutnya, alumni Undip berkewajiban membantu sosialisasi hidup sehat dengan makan ikan ke tengah masyarakat.

“Kami ingin gaya hidup sehat bisa disosialisasikan dengan fun. Selain jalan sehat dan makan ikan, masyarakat juga berkesempatan mendapatkan beberapa hadiah menarik. Harapannya, pesan hidup sehat bisa terus diterima dan diteruskan masyarakat Jakarta dan sekitarnya,” ujar Noor, Ahad (8/12).

Dia menjelaskan, alumni Undip ke depannya akan berusaha untuk berkontribusi lebih banyak terhadap masyarakat melalui berbagai kegiatan. Karena, Indonesia sebagai negara maritim memang terhitung masih rendah dalam konsumsi ikan.

Kendati demikian, konsumsi ikan per tahun Indonesia terus meningkat. Pada 2018, konsumsi ikan mencapai 50,69 kilogram dan diperkirakan pada akhir 2019 ini meningkat di angka 54,49 kilogram. Konsumsi ikan masyarakat tanah air diharapkan menjadi salah satu faktor untuk mengurangi angka stunting di Indonesia yang masih tinggi.

Di acara yang sama, Ketua Panitia acara, Sri Purwanto menjelaskan, masyarakat sangat antusias mengikuti acara jalan sejat dan makan ikan tersebut. Melalui kegiatan ini, kata dia, masyarakat diajak langsung untuk mensosialisasikan gaya hidup.

“Kami di IKA Undip DKI Jakarta punya tanggungjawab seperti masyarakat lainnya untuk mengajak masyarakat ke arah yang lebih positif," ucap Sri Purwanto.

Apalagi, tambah dia, dalam beberapa tahun terakhir ini masyarakat banyak yang terkena penyakit kronis seperti diabetes. Karena itu, menuru dia, alumni UNDIP mengajak kepada masyarakat perkotaan untuk menjalani gaya hidup sehat. 

"Masyarakat kita beberapa tahun terakhir meningkat pengidap diabetesnya, karena itu sangat pas sekali jalan sehat dan makan ikan menjadi tren hidup di masyarakat perkotaan,” kata Direktur Keuangan DAMRI ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement