Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Testing CPNS Belum Terlaksana, Ribuan Pendaftar di Cianjur Dipastikan Tersisih

Sabtu 07 Dec 2019 13:50 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Testing CPNS di Cianjur kemungkinan akan dilakukan di Kabupaten Bandung Barat.

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 4.177 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur dipastikan tersisih lantaran dari pendaftar keseluruhan mencapai 4.336 orang, hanya 159 formasi yang dibutuhkan yakni untuk mengisi tenaga teknis dan kesehatan.

"Sudah dipastikan akan teraingkir ribuan pelamar, tapi bagaimana lagi, memang seperti itu kondisinya," tutur Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BPKKD) Kabupaten Cianjur Budhi Rahayu Thoyib kepada Ayobandung.com, Jumat (6/12/2019).

Formasi untuk CPNS di Kabupaten Cianjur terdiri dari tenaga teknis sebanyak 100 orang dan tenaga kesehatan 59 orang. Meskipun begitu, Budhi menuturkan, dari hasil pendataan administrasi, terdapat 3.257 pelamar yang sudah terverifikasi memenuhi syarat.

Baca Juga

"Kemudian yang terverifikasi tidak memenuhi syarat sebanyak 695 orang dan yang belum terverifikasi sebanyak 176 orang," katanya.

Budhi memastikan pelaksanaan testing CPNS dilakukan secara transparan dan akuntable. Artinya, tidak ada titipan pada pelaksanaannya.

"Testing dilaksanakan dua tahap yakni tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi umum (TKU). Semacam CAT (computer assisted test). Jadi hasil tes bisa muncul saat itu juga. Makanya, kami pastikan tidak ada istilah titip-menitip," ujarnya.

Pelaksanaan testing CPNS di Kabupaten Cianjur kemungkinan akan dilakukan di Kabupaten Bandung Barat. Pasalnya, di wilayah tersebut terdapat ruangan yang bisa menampung peserta testing dalam jumlah banyak.

"Kami sudah koordinasi. Kemungkinan pelaksanaan testing CPNS Kabupaten Cianjur masuk di wilayah Kabupaten Bandung Barat," ungkapnya.

Jumlah pegawai di lingkungan Pemkab Cianjur hingga saat ini mencapai 13 ribuan. Hasil penghitungan, jumlah kekurangan pegawai di kisaran 4 ribu-5 ribu orang. Setiap tahun, jumlah PNS di lingkungan Pemkab Cianjur yang memasuki masa pensiun rata-rata mencapai 600 orang.

Komposisi penerimaan pegawai sesuai aturan terdiri dari 70 persen untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan 30 persen untuk CPNS. Pengajuan diseusaikan kebutuhan pegawai agar berjalan efektif dan efisien.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA