Jumat 06 Dec 2019 12:07 WIB

Mapala Unhas akan Daki Gunung Kosciuszko Australia

Kegiatan ini akan diikuti oleh tiga mahasiswa yang tergabung di dalam Mapala.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andi Nur Aminah
Wakil Rektor Unhas Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof A Arsunan Arsin saat pelepasan ketiga mahasiswa yang berlangsung di Aula Fakultas Teknik Unhas, Kampus Gowa.
Foto: Humas Unhas
Wakil Rektor Unhas Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof A Arsunan Arsin saat pelepasan ketiga mahasiswa yang berlangsung di Aula Fakultas Teknik Unhas, Kampus Gowa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) 09 Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin akan mengikuti Ekspedisi Ewako Merah Putih IV dengan menaklukkan Gunung Kosciuszko yang terletak di New South Wales, Australia. Kegiatan ini akan diikuti oleh tiga mahasiswa yang tergabung di dalam Mapala.

Mahasiswa Mapala yang akan menaklukkan Gunung Kosciuszko yakni Ade mulya Wardana (Teknik Kelautan, 2017), A Ilham akbar (Teknik Mesin, 2015) dan Hariadi (Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, 2013). Mereka dijadwalkan akan berangkat Jumat (06/12). Mereka akan berada di lokasi pendakian hingga Rabu (18/12).

Baca Juga

Anugrah Pratama Putra sebagai ketua panitia dalam Ekspedisi Ewako Merah Putih IV menjelaskan, tiga orang yang akan melakukan pendakian telah melakukan beberapa persiapan. Persiapan tersebut seperti mempersiapkan bina fisik, bina materi, dan simulasi yang berlangsung kurang lebih enam bulan lamanya.

Lebih lanjut, Anugrah menambahkan Mapala 09 FT Unhas memiliki kegiatan pendakian secara reguler, khususnya puncak-puncak tertinggi di dunia. Sebelum mendaki puncak Gunung Kosciuszko yang berada di Australia, tim Mapala 09 sudah terlebih dahulu menaklukkan beberapa puncak gunung tertinggi.

Puncak gunung pertama yang ditaklukkan adalah Gunung Elbrus di Rusia pada tahun 2012. Kemudian pendakian kedua di Afrika yakni Gunung Kilimanjaro, Tanzania tahun 2015 dan terakhir Gunung Aconcagua yang terletak di Provinsi Mendoza, Argentina, Amerika Selatan tahun 2017.

"Ini program berkelanjutan yang kami namai Seven Summit atau tujuh puncak. Jadi kami bertekat untuk menaklukkan puncak puncak tertinggi didunia," kata Anugerah.

Sebelumnya, ketiga mahasiswa tersebut dilepas oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof A. Arsunan Arsin. Acara pelepasan ketiga mahasiswa berlangsung di Aula Fakultas Teknik Unhas, Kampus Gowa, Gowa, Selasa (03/12).

"Sebagai salah seorang pendiri Korps Mahasiswa Pencinta Alam atau Korpala Unhas, saya cukup memahami bagaimana tantangan yang dihadapi dalam mendaki gunung. Saya berharap agar adik-adik selalu berhati-hati, dan berhasil mengharumkan nama Unhas serta nama bangsa," ujar Arsunan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement