Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Progres Pembangunan Tol Layang Japek Capai 99,96 Persen

Rabu 04 Dec 2019 21:23 WIB

Rep: Rahayu Subekti / Red: Gita Amanda

Foto aerial proyek konstruksi jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) II di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (27/7)

Foto aerial proyek konstruksi jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) II di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (27/7)

Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Tol dengan jembatan terpanjang pertama tersebut menggunakan teknologi tahan gempa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak Usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebentar lagi akan mengfungsionalkan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2019/2020. Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono mengatakan sedikit lagi konstruksi tol tersebut segera selesai.

"Progres kontruksinya (hingga 1 Desember 2019) sendiri sudah 99,96 persen," kata Djoko di atas Tol Layang Japek kilometer 28, Cikarang Utama, Rabu (4/12).

Dia memastikan saat ini proses yang sedang dilakukan yakni memastikan kesiapan secara laik fungsi Tol Layang Japek. Sejak kemarin Selasa (3/12) hingga hari ini Rabu (4/12), menurut Djoko uji laik fungsi tol tersebut sudah dilakukan.

Djoko mengatakan terdapat sejumlah catatan yang harus dilengkapi sebelum tol sepanjang 36,40 kilometer tersebut dibuka secara fungsional. "Kami akan sempurnakan apabila mau difungsionalkan. Marka terus juga lampu hingga dirapikan juga harus selesai," tutur Djoko.

Dia memaatikan tol dengan jembatan terpanjang pertama di Indonesia tersebut menggunakan teknologi tahan gempa. Sebelum difungsikan nanti, kata Djoko, tol tersebut juga diuji oleh para pakar di bidangnya.

Sebagai jalan layang, Djoko memastikan kemanan penerangan jalan juga dipastikan disiapkan dengan baik. "Ini karena jembatan melintas cukup panjang, setiap titik setiap 40 meter ada lampu," tutur Djoko.

Nantinya ketika jalan tol tersebut dapat dilintasi, pengguna jalan dari arah Jakarta dapat melintas melalui Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Wiyoto Wiyono, Jalan Tol JORR, dan Jalan Tol Jagorawi. Kemudian dapat melanjutkan menggunakan Jalan Tol Layang Japek untuk menuju ke arah Bandung, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Untuk arah sebaliknya pengguna jalan dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bandung dapat menggunakan Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang. Selanjutnya dapat menggunakan Jalan Tol Layang Japek menuju ke Jakarta.

Jalan Tol Layang Japek membentang dari Ruas Cikunir hingga Karawang Barat. Nantinya, jalan tol tersebut berfungsi untuk mengurangi kepadatan panjang yang berada di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA