Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Kemendag Tinjau Pasar di Medan Jelang Natal dan Tahun Baru

Rabu 04 Dec 2019 13:22 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Peninjauan ke sejumlah pasar untuk mencegah lonjakan harga akibat penimbunan bahan bangan. Foto Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (kanan)

Peninjauan ke sejumlah pasar untuk mencegah lonjakan harga akibat penimbunan bahan bangan. Foto Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (kanan)

Foto: Antara/Septianda Perdana
Peninjauan dilakukan untuk mencegah lonjakan harga akibat penimbunan bahan pangan.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara melakukan peninjauan harga sembako di Pusat Pasar Tradisional Medan, Rabu (4/12). Hal ini dilakukan guna mencegah adanya lonjakan harga akibat penimbunan bahan pangan menjelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag Veri Anggrijono mengatakan peninjauan pasar ini dilakukan untuk mengetahui harga komoditas pangan di Sumatra Utara. "Kita melakukan koordinasi dengan Pemda setempat untuk mengamankan. Karena biasanya mendekati hari Natal dan Tahun Baru, kita lakukan kordinasi dengan pemerintah baik tingkat provinsi maupun kota," katanya.

Baca Juga

Ia menyebutkan, apabila terjadi lonjakan harga akibat perayaan Nataru 2020 ini, maka pihaknya akan melakukan operasi pasar. "Apabila ditemukan indikasi kenaikan beberapa komoditas, kita akan lakukan operasi pasar. Sehingga masyarakat dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru ini bisa tenang," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan akan terus memantau harga komoditas pangan menjelang hari Nataru. "Kalau sampai ini meningkat, kita akan lakukan operasi pasar, kita telusuri ini kenapa. Karena enggak ada angin enggak ada hujan kenapa naik. Itu nanti kita urus itu," ujarnya.

Hadir juga dalam peninjauan itu Direktur Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Ojak Simon Manurung, Kepala Dinas Perindag Sumut Zonny Waldi, Badan Urusan Logistik (Bulog), PD Pasar, dan sejumlah pejabat lainnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA