Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Pemerintah Diminta Lebih Berpihak kepada UMKM

Senin 02 Dec 2019 14:08 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Pengunjung melihat produk kerajinan di salah satu stan pada Wisuda dan Pameran UMKM Juara di Harris Hotel Festival Citylink, Jalan Peta, Kota Bandung, Jumat (29/11).

Pengunjung melihat produk kerajinan di salah satu stan pada Wisuda dan Pameran UMKM Juara di Harris Hotel Festival Citylink, Jalan Peta, Kota Bandung, Jumat (29/11).

Foto: Abdan Syakura_Republika
Sektor UMKM berkontribusi 60 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR Syariefuddin Hasan meminta agar keberpihakan pemerintah terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) meningkat. Dia mengatakan kontribusi sektor tersebut mencapai 60 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

“Saya sudah pesan ke Kementerian Koperasi dan UKM bahwa keberpihakan terhadap UMKM harus semakin ditingkatkan. Hal itu tercermin dari kehadiran Kementerian UMKM pada acara Pameran Nuansa Tanpa Batas di Kementerian Perindustrian ini,” kata dia di Jakarta, Senin (1/12).

Syarief menyampaikan hal tersebut saat meresmikan Pameran Nuansa Tanpa Batas dengan tema ‘Gemilang NTB’ yang menghadirkan keunggulan produk-produk dari Nusa Tenggara Barat (NTB) di Plasa Pameran Industri Kemenperin, Jakarta. Menurut dia, produk-produk potensial Indonesia karya UMKM juga sepatutnya dikonsumsi oleh masyarakat, karena dari segi kualitas memiliki keunggulan tersendiri.

Baca Juga

Syarief meminta agar anggota Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia (IPEMI) yang menyelenggarakan pameran tersebut mampu menonjolkan berbagai keunggulan produk-produk daerah di seluruh nusantara.

“Kami juga meminta agar anggota IPEMI mengkonsumsi produk-produk dalam negeri. Sehingga, konsumsi masyarakat akan meningkat dan UMKM akan semakin maju,” ungkap mantan Menteri Koperasi dan UKM itu.

Pameran Nuansa Tanpa Batas digelar pada 2-6 Desember 2019. Pameran ini menghadirkan berbagai kegiatan seperti tarian daerah dari Nusa Tenggara Barat (NTB). Gelaran ini juga menghadirkan fashion show tenun dan asesoris daerah, pameran kesenian, kuliner dan fashion daerah, fashion show busana eco print, talkshow, lomba kreasi bahan daur ulang hingga peluncuran kantong ramah lingkungan IPEMI.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA