Senin 02 Dec 2019 04:12 WIB

Para Pemenang Lomba Matematika EMC 2019 Diumumkan

Sebanyak 1.905 peserta lolos menjadi finalis pada kompetisi ini.

Matematika
Foto: flickr.com
Matematika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Eduversal Mathematics Competition (EMC) 2019 telah mengumumkan para pemenang dari berbagai tingkat kelas pada Sabtu (23/11) tepatnya pukul 12.00 WIB melalui laman kompetisi.net dan di media sosial EMC.

Sekitar 3.500 siswa SD, SMP, dan SMA yang terdaftar dari berbagai wilayah di Indonesia telah mengikuti babak penyisihan pada lomba yang khusus bidang matematika ini secara daring pada Sabtu (19/11) lalu. Hasilnya, sebanyak 1.905 peserta lolos menjadi finalis dan mengikuti lomba secara serentak di berbagai pilihan test center yang tersebar. 

Beberapa test center yang mengadakan Final EMC 2019 di antaranya adalah Fatih Bilingual School untuk finalis laki-laki (Banda Aceh), Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School untuk finalis perempuan (Banda Aceh). Prestige Bilingual School (Medan), SMP Plus Taruna Andalan (Pekanbaru), Pribadi Bilingual School Depok (Depok, Jawa Barat), Kharisma Bangsa School of Global Education (Banten), Semesta Bilingual Boarding School (Semarang), Kesatuan Bangsa Bilingual School (Yogyakarta), SMAN Banua Bilingual School (Banua, Kalimantan Selatan), SD Luqman Al Hakim (Surabaya), dan Sekolah Islam Athirah (Makassar, Sulawesi Selatan).

Sebanyak 28 siswa mulai dari kelas 5 SD sampai kelas 11 SMA dari berbagai sekolah menjadi juara pada lomba matematika dengan peserta terbanyak se-Indonesia ini. Setiap kelas ditentukan empat peserta dengan nilai tertinggi yang diperoleh pada babak final yang diadakan secara luring pada 17 test center. Pada gelaran ini, juara 1 mendapat Rp 5 juta, juara 2 mendapat Rp 3 juta, juara 3 mendapat Rp 2 juta, dan juara 4 mendapat Rp 1 juta.

EMC diharapkan menjadi media untuk menumbuhkan ketertarikan lebih banyak terhadap matematika dan menjadi kompetisi matematika yang bergengsi di Indonesia. "Rencananya kompetisi ini akan diselenggarakan setiap tahun sehingga berkelanjutan dan menjangkau peserta lebih luas lagi," kata Direktor Eduversal dan Koordinator Pelaksana EMC, Dwi Prajitno Wibowo, dalam siaran persnya, Ahad (1/12).

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement