Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Kembangkan Pusat Riset, Lippo Gandeng Perusahaan Jepang

Kamis 28 Nov 2019 23:15 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Gils! Kembangkan Pusat Teknologi & Penelitian se-Asean, Lippo Gandeng Perusahaan Kakap Jepang. (FOTO: Bernadinus Adi Pramudita)

Gils! Kembangkan Pusat Teknologi & Penelitian se-Asean, Lippo Gandeng Perusahaan Kakap Jepang. (FOTO: Bernadinus Adi Pramudita)

Lippo dan SoftBank Corp mengumumkan aliansi strategis untuk riset.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) dan SoftBank Corp (SoftBank) mengumumkan aliansi strategis untuk bekerja sama dalam pengembangan dan penyebaran solusi ekosistem berbasis artificial intelligence (AI) dan internet of things (loT) di bidang real estate dan mobilitas di Indonesia.

Lippo Village di Karawaci merupakan lokasi prioritas untuk proyek ini dengan rencana mengembangkannya sebagai pusat aplikasi teknologi dan penelitian di Asia Tenggara.

"Kami bermaksud untuk menerapkan teknologi IoT melalui Smart Cluster Management dan Smart Traffic Management di Lippo Village," ujar CEO Lippo Karawaci John Riady di Aryaduta, Kamis.

Baca Juga: Lippo Karawaci Dapat Duit Rp11,2 Triliun Plus . . .

Perusahaan kelas kakap asal Jepang itu nantinya akan memperkenalkan teknologi yang akan diaplikasikan ke dalam proyek Smart City di Lippo Village. Hal tersebut dikemukakan oleh Vice President and Head of Global Business Strategy Softbank Hidebumi Kitahara.

"SoftBank akan memperkenalkan wawasan teknologi canggih yang dimilikinya ke pusat perbelanjaan dan fasilitas komersial lainnya, rumah sakit, dan seluruh kawasan Lippo Village. Kami bertujuan untuk mengembangkan Lippo Village sebagai contoh model kota cerdas di Asia Tenggara," papar Kitahara. 

Smart Cluster Management menggunakan teknologi kamera canggih untuk pengenalan wajah para penghuni di dalam kendaraan dan juga mampu membaca pelat nomor kendaraan bermotor dari para penghuni serta mengidentifikasi para pengunjung yang tidak dikenal. 

Smart Traffic Management sendiri, melalui mode CCTV pintar, memiliki kemampuan untuk menghitung jumlah kendaraan yang masuk ke dalam kawasan, serta di saat yang sama mampu mengidentifikasi dan membedakan jenis-jenis kendaraan, seperti sepeda motor, mobil, bus dan truk.

Penerapan teknologi ini akan mendorong peningkatan manajemen lalu lintas dan memungkinkan arus lalu lintas yang lebih baik dan lebih lancar di waktu-waktu tertentu sepanjang hari.

Baca Juga: Sosok dan Sepak Terjang CEO Baru Lippo Cikarang, Pernah Ciptakan. . . .

Kerja sama antara LPKR dan SoftBank juga akan menghadirkan platform analitikal baru yang didukung oleh AI dan Big Data yang secara dramatis akan meningkatkan pengalaman pelanggan. Platform ini akan diperluas ke segmen mal, menggabungkan pemilik dan operator mal ritel terbesar dengan aplikasi teknologi inovatif yang disediakan SoftBank melalui IoT. 

Selain itu, kerja sama ini akan mencakup Siloam Hospitals dalam penerapan pelayanan kesehatan yang pintar. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA