Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Suzuki Rampungkan Desain Mesin GSX-RR untuk MotoGP 2020

Kamis 28 Nov 2019 13:52 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Pembalap Suzuki Ecstar di MotoGP, Joan Mir.

Pembalap Suzuki Ecstar di MotoGP, Joan Mir.

Foto: EPA-EFE/AHMAD YUSNI
Suzuki telah memutuskan spesifikasi motor mereka untuk MotoGP 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JEREZ -- Suzuki akhirnya merampungkan desain mesin untuk motor GSX-RR 2020 demi menyambut MotoGP musim depan. Sejak proses pembuatan desain mesin dihentikan selama musim berjalan, modifikasi menjadi prioritas utama selama tes November, khususnya untuk tim seperti Suzuki dan Yamaha. Dua tim itu mengaku kecepatan puncak menjadi kelemahan terbesar mereka.

Setelah finis di posisi enam besar dalam tes Valencia, Alex Rins dan Joan Mir, naik ke posisi empat besar dalam tes di Jerez pekan ini. Manajer tim Suzuki Davide Brivio mengatakan, timnya menyelesaikan tes tahun ini dengan momen yang bagus, di mana kesan dari pembalap soal mesin sangat positif. Artinya, Suzuki telah memutuskan spesifikasi motor mereka untuk MotoGP 2020.

Baca Juga

Sepang menjadi lokasi tes selanjutnya, yaitu pada Februari 2020. Biasanya, Sepang menjadi lintasan terakhir bagi tim untuk mencoba modifikasi mesin.  "Sekarang kami telah menyelesaikan mesin. Di Sepang, kami akan terus bekerja untuk area lain seperti sasis," kata Brivio, dikutip dari Crash, Kamis (28/11).

Manajer teknik Suzuki Ken Kawauchi, melihat kalau motor timnya sudah sesuai harapan setelah menunjukkan peningkatan yang diinginkan. Rins, yang meraih dua kemenangan untuk Suzuki musim lalu, berada di peringkat keempat klasemen MotoGP. Ia kemudian menutup musim 2019 dengan mendapatkan lap time tercepat kedua dalam tes di Jerez. "Kami puas dengan mesin baru. Saya hanya menyelesaikan dua putaran saat kering, tapi saya sangat senang dengan kecepatan," jelas Ken. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA