Kamis 28 Nov 2019 11:40 WIB

SMA Bosowa Bina Insani Juara Biologi Festival

Biologi Festival betul-betul menguji penguasaan siswa tentang ilmu Biologi.

SMA Bosowa Bina Insani berhasil meraih juara ke-3 Biologi Festival yang diadakan oleh Universitas Pakuan Bogor.
Foto: Dok SBBI
SMA Bosowa Bina Insani berhasil meraih juara ke-3 Biologi Festival yang diadakan oleh Universitas Pakuan Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- SMA Bosowa Bina Insani, Bogor berhasil merebut juara ke-3 dalam Helianthus Science Competition dalam Biologi Festival di Universitas Pakuan, Bogor, Jawa Barat.  Dua tim dari SMA Bina Insani berhasil masuk babak semi final untuk beradu kompetensi ilmiah dan pengetahuan tentang kebiologian bersama tiga  tim lainnya dari SMA Cianjur, Cibinong dan Cileungsi.

Kepala SMA Bina Insani, Dedi Supriyadi mengatakan, lomba yang diadakan Selasa (26/11), ini betul-betul menguji penguasaan siswa tentang ilmu Biologi.  “Materi soal mengupas tuntas mata pelajaran Biologi SMA,” kata Dedi melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (28/11). 

Tahap penyisihan, tim harus mengerjakan 100 soal yang dikerjakan dalam dua  jam, kemudian lanjut babak penyisihan berupa Lomba Cepat Tepat.  Lima tim terpilih untuk menjawab 20 pertanyaan wajib.  “Alhamdulillah satu tim dari SMA Bina Insani lolos ke babak Final dan menjadi juara ke-3,” ujarnya. 

Dedi menyebutkan, Helianthus Science Competition adalah ajang lomba  digelar setiap  tahun.  Tantangan tersendiri mengikuti lomba ini karena peserta harus betul-betul menguasai materi.  

photo
Tim Biologi SMA Bosowa Bina Insani, Bogor.

Rangkaian lomba yang kategorinya marathon dari pagi sampai sore juga menjadi tantangan tersendiri.  “Sehingga,  kesiapan kita sangat menentukan.  Penggemblengan peserta harus terus dilakukan agar siswa semakin paham dan menguasai materi Biologi,” tuturnya.

Dedi bersyukur, SMA yang dipimpinny berhasil meraih juara dalam perlombaan ini.  “Alhamdulillah kami  meraih kejuaraan.  Semua atas berkah Allah,” ujarnya. 

Ia menambahkan, lomba-lomba Biologi termasuk banyak diselenggarakan.  Pembinaan akan terus dilaksanakan agar lebih memantapkan pemahaman siswa tentang materi lomba. 

“Kami  targetkan mengikuti lomba lainnya seperti yang setiap tahun diselenggarakan IPB  maupun yang lainnya.  Kepada anak-anak kami, jangan pernah patah semangat.  Proses tidak akan mengkhianati hasil.  Bila kita terus berjuang pasti akan berbuah kemenangan,” papar Dedi Supriyadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement