Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

9 Program Unissula Dikunjungi Tim Akreditasi Internasional

Selasa 26 Nov 2019 15:30 WIB

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Agung Sasongko

Universitas Islam Sultan Agung

Universitas Islam Sultan Agung

Unissuula tengah serius untuk mengembangkan kelas internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sembilan program studi (prodi) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang telah divisitasi tim assessor akreditasi internasional, Accreditation Service of International  School, Colleges and Universities (ASIC).

Visitasi tim akreditasi perguruan tinggi internasional yang berbasis di London, Inggris ini terkait dengan kesiapan infrastruktur sembilan prodi Unissula, yang tengah diproses untuk mendapatkan akreditasi ASIC.

“Ke-sembilan prodi yang dimaksud adalah S1 Kedokteran Umum dan Profesi Dokter, S1 Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi, S1 Ilmu Hukum, S2 Magister Ilmu Hukum, S2 Kenotariatan,  S3 Program Doktor Ilmu Hukum, S2 Teknik Sipil, S1  Sastra Inggris dan S1 Tarbiyah,” ungkap Wakil Rektor 1 Unissula, Drs Bedjo Santoso MT PhD, Selasa (26/11).

Ia mengatakan, tim assesor ASIC yang melakukan visitasi kali ini masing- masing CEO of The ASIC Group of Companies, Lee Hammond serta Customer Relations Manager ASIC, Florence Waniwa. 

Kedua assesor akreditasi ASIC tersebut diterima oleh jajaran pimpinan kampus Unissula di aula lantai 10 gedung Kuliah Bersama, kompleks kampus Unissula, Jalan Kaligawe, pada hari Senin (25/11).

Bedjo Santoso menambahkan, sejauh ini Unissula telah menjadi kampus yang konsisten dengan meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Pergurian Tinggi (BAN- PT) hampir di semua jurusan dan fakultas.

“Setelah terakreditasi A oleh BAN- PT, sekarang kita mencoba untuk meraih akreditasi internasional melalui ASIC, sebuah lembaga akreditasi perguruan tinggi internasional tersebut,” ungkapnya.

Bedjo Santoso juga menyampaikan, jika Unissuula tengah serius untuk mengembangkan kelas internasional, dengan mengundang dosen asing untuk mengajar dan mengundang mahasiswa asing untuk belajar.

“Sasaran dari akreditasi ini memang untuk menjaring mahasiswa asing. “Harapan kami jaringan internasional yang dimiliki ASIC bisa ditularkan pada kami untuk bisa mengembangkan kelas internasional,” jelasnya.

Unissula juga mengupayakan pelatihan intensif bahasa Inggris untuk dosen dan mahasiswa serta menetapkan target dalam peringkat internasional. “Semoga apa yang kita upayakan bisa mengarah pada perkembangan kampus yang semakin maju dengan mematok target bisa sejajar dengan perguruan tinggi di level internasional,” jelasnya.

Sementara itu, Assesor Lee Hammond dalam kesempatan ini menyampaikan, kedatangan tin assesor ASIC Group of Companies akan melakukan pantauan semuanya yang terkait penilaian standar akreditasi internasional.

“Kami akan melihat semua dokumen, inspeksi proses belajar mengajar dan bertanya langsung kepada dosen dan mahasiswa Unissula” tandas Hammond didampingi oleh Florence Waniwa.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA