Senin 25 Nov 2019 23:36 WIB

Riset: UMJ Mulai Riset Aplikatif

Universitas Muhammadiyah Jakarta memulai riset-riset aplikatif.

Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta
Foto: dok. Republika
Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Syaiful Bakhri mengatakan pihaknya memulai riset-riset aplikatif yang langsung diterapkan pada masyarakat di kampusnya.

"Kami baru memulai riset aplikatif, yang nantinya bisa langsung masuk lembaga inkubasi dan diterapkan," ujar Syaiful dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (25/11).

Dia menambahkan hasil riset, hendaknya jangan hanya menjadi karya ilmiah yang berkualitas secara keilmuan, melainkan harus dapat diaplikasikan.

"Jangan sampai riset, hanya untuk menghasilkan jurnal internasional. Kalau tidak bisa diterapkan dan tidak bermanfaat bagi masyarakat, lebih baik tidak melakukan riset," kata dia.

UMJ telah memiliki lembaga inkubasi bisnis, yang bertujuan agar hasil riset dapat dibuat purwarupanya, dikapitalisasi dan diproduksi massal.

Dia juga akan memberdayakan dosen-dosen yang belum meraih gelar doktor, dengan menjadikan mereka sebagai dosen riset sehingga menghasilkan riset yang unggul.

"Riset berkualitas dan aplikatif itu harus mulai dibangun, tidak hanya sekedar hanya sekadar riset duduk di belakang meja," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement