Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

Agar Sri Baduga Bisa Kembali Mancur

Senin 25 Nov 2019 15:51 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Taman Air Mancur Sri Baduga diberhentikan sementara karena debit air menyusut.

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta tengah merancang solusi penanganan Taman Air Mancur Sri Baduga. Perancangan itu ditempuh agar Taman Air Mancur Sri Baduga tetap beroperasi pada musim kemarau.

Diketahui, destinasi wisata kebanggaan warga Purwakarta diberhentikan sementara karena debit air di Situ Buleud mengalami penyusutan.

"Kita sedang mencari solusi mendapatkan sumber air jika Situ Buleud tempat pertunjukan air mancur surut, termasuk berapa anggaran yang harus kita siapkan untuk merealisasikannya," ungkap Sekdis Distarkim Purwakarta, Muhammad Arif Budiman, Senin (25/11/2019).

AYO BACA : Bupati Purwakarta Minta Bantuan TNI/Polri Tindak Pencemar Sungai

Ia mengatakan, selama ini sumber air Situ Buleud hanya mengandalkan dari dari irigasi yang penyalurannya terbagi dengan kebutuhan lain seperti mengairi persawahan milik warga dan lainnya.

Jika musim kemarau tiba sumber air di irigasi juga tentu menyusut, sehingga berdampak terhadap debit air ke Situ Buleud.

"Kondisinya memang tidak memungkinkan untuk dioperasikan, jika dipaksakan khawatir alat penunjang air mancur rusak,"kata dia.

AYO BACA : Pria Tanpa Identitas Ditemukan Tewas di Warung Kosong Purwakarta

Arif menambahkan, meski beberapa hari terakhir hujan sudah mulai turun, namun tidak terlalu berdampak terhadap kondisi air di Situ Buleud.

"Taman Air Mancur Sri Baduga memang cukup lama tidak beroperasi, dan sudah pasti berdampak terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke Purwakarta,"ujar Arif.

Selain itu, Arif mengaku sejauh ini pihaknya terus melakukan pemeliharaan di Taman Air Mancur Sri Baduga, seperti memperbaiki kursi penonton dan sarana penunjang lainnya.

"Bangku penonton yang mengalami kerusakan sudah kita ganti semua, jika nanti sudah mulai beroperasi maka kondisinya lebih baik,"kata dia.

AYO BACA : Sri Baduga Tak Beroperasi, Kunjungan Wisatawan Purwakarta Turun Drastis

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA