Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Simulasi CPNS 2019 Ramai Peminat

Senin 25 Nov 2019 10:30 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Tes CPNS (ilustrasi)

Tes CPNS (ilustrasi)

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Salah satu penyelenggara simulasi CPNS adalah Statistics Institute

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Kegiatan simulasi tes CAT calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 di Kalimantan Barat cukup diminati. Salah satu penyelenggaranya adalah Statistics Institute (SI) Kalimantan Barat.

"Antusiasme peserta untuk ikut simulasi tes CAT CPNS sangat tinggi. Ini kegiatan yang perdana kita gelar dan disambut hangat para peserta yang telah mendaftarkan diri CPNS 2019," ujar Direktur SI Kalimantan Barat, Sulaiman S.

Sulaiman menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan simulasi tes CAT dalam beberapa tahap dan di sejumlah daerah di Kalimantan Barat. "Kita baru saja melakukan sesi pertama simulasi di Pontianak. Berhubung untuk peserta terbatas dan peserta antusiasnya tinggi, maka digelar beberapa sesi," kata dia.

Dalam simulasi yang ada, peserta diberikan soal prediksi yang telah disediakan. Peserta dengan kegiatan simulasi tersebut akan merasakan langsung seperti apa soal tes dan waktu yang harus pandai di manajemen peserta.

"Simulasi ini seperti sungguhan. Jadi, peserta akan merasakan begitulah kondisi dan waktu yang ia hadapi saat tes. Hanya, soal yang beda," kata dia.

Ia menjelaskan, setelah mengerjakan simulasi tes CAT, peserta diberikan materi seputar tes yang telah diikuti. Peserta diberikan trik atau tip bagaimana mengatur dan mencari pola yang tepat agar mengerjakan soal benar, tapi waktunya juga tepat.

"Setelah peserta mengerjakan simulasi, kita beri materi dari saya dan teman saya yang juga merupakan lulusan CPNS 2018 dengan nilai ambang batas tertinggi. Ia berbagi pengalaman dengan peserta bagaimana dan apa yang mesti dipersiapkan dan lakukan," kata dia.

Terkait alasan menghadirkan simulasi tes, pihaknya ingin membantu para peserta CPNS 2019 untuk mengetahui suasana, gambaran, pengalaman, dan persiapan yang harus dilakukan. Dengan demikian, peserta lebih siap dari sisi penguasaan materi dan mental.

"Kita secara umum membantu persiapan-persiapan peserta untuk lebih siap. Untuk biaya sangat terjangkau," kata dia. Dalam waktu dekat pihaknya juga akan menggelar simulasi di Mempawah, Singkawang, Sambas, Sanggau, dan Sintang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA