Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

NBA Berencana Ubah Format Liga

Senin 25 Nov 2019 06:30 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah

Komisioner NBA Adam Silver

Komisioner NBA Adam Silver

Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Komisioner NBA Adam Silver disebut sudah merencakan hal tersebut untuk direalisasikan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang liga basket nomor wahid di dunia, NBA, dikabarkan akan mengubah format pertandingan pada musim mendatang. Komisioner NBA Adam Silver disebut sudah merencakan hal tersebut untuk direalisasikan.

Mereka juga ingin mengganti format play-off dan penambahan jumlah laga di pertengahan tahun bagi seluruh 30 klub mulai musim 2021-2022. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kemungkinan hilangnya pendapatan bagi tim jika perubahan format mulai direalisasikan. 

Selain perwakilan klub dan pemain, NBA juga mengajak pihak pemegang hak siar untuk duduk dalam satu meja. Kendati demikian, belum ada penjelasan lebih dalam mengenai rencana ini dari pihak NBA meski proposal perubahan format kepada pemangku kebijakan di masing-masing wilayah Amerika Serikat (AS). 

Baca Juga

Salah satu pemegang hak siar, ESPN, memberitakan di dalam proposal itu terdapat rencana perubahan format play-off, sehingga berpotensi membuat final NBA mempertemukan tim dari wilayah yang sama. 

Selaku komisioner, Adam Sliver mulai memunculkan ide tersebut sejak 2016 seperti halnya format liga yang diadaptasi asosiasi sepak bola Eropa. "Kami butuh negosiasi dengan asosiasi pemain. Saya sudah membicarakan hal ini secara umum dengan Michele Roberts (Ketua Asosiasi Pemain NBA) dan kami sedang mencari jawaban dari diskusi ini," kata Silver dalam laman AP. "Saya pikir dia mendukung ide yang kami tawarkan untuk membangun bisnis ini di masa depan," katanya melanjutkan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA