Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Debut Gemilang Mourinho, Tottenham Menangi Derby London

Sabtu 23 Nov 2019 21:29 WIB

Red: Israr Itah

Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho bersalaman dengan Lucas Moura.

Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho bersalaman dengan Lucas Moura.

Foto: AP Photo/Frank Augstein
Tottenham menaklukkan West Ham United 3-2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jose Mourinho membuat debut mengesankan bersama Tottenham Hotspur saat menghadapi West Ham United pada laga pekan ke-13 Liga Primer Inggris. Tottenham menaklukkan West Ham United 3-2 pada laga derby London di Stadion London, Sabtu (23/11).

Tambahan tiga angka mengatrol posisi Tottenham ke peringkat enam dengan 17 poin, meskipun untuk sementara. Sebab, tim-tim lain belum melakoni pertandingan pekan ke-13. Sementara West Ham berada di posisi 16 dengan nilai 13. 

Jalannya laga

Baca Juga

Spurs tampil menggebrak sejak awal. Memasuki menit ketiga, Spurs sudah menjebol gawang West Ham lewat Harry Kane. Namun gol dianulir karena Kane sudah terjebak offside.

Pertarungan berlangsung sengit sejak itu. Tuan rumah yang berusaha menekan kesulitan menembus pertahanan ketat Spurs. Sebaliknya, Spurs beberapa kali mengancam melalui permainan kombinasi cepat yang melibatkan Kane, Son Heung-min, Dele Alli, dan Lucas Moura.

Gol yang dicari Tottenham datang pada menit ke-35. Lewat serangan cepat, Alli melepaskan operan matang kepada Son di kotak penalti. Tanpa ampun, Son melepas tendangan kaki kiri yang menjebol gawang the Hammers.

Sejak unggul, Spurs terus memberikan ancaman konstan. Sejumlah peluang tercipta dari kecepatan lini depan Spurs ditambah buruknya koordinasi pertahanan West Ham. Setelah beberapa percobaan, Spurs menggandakan keunggulan pada menit ke-43 melalui Lucas Moura.

Gol berawal dari pergerakan transisi cepat Spurs dari bertahan ke menyerang. Dele Alli yang menerima bola di sisi kanan menjaga si kulit bundar tak keluar lapangan. Sambil terbaring di lapangan setelah melepaskan sliding, ia mendorong bola ke arah Son yang berlari cepat. Bola kemudian digiring ke sisi pertahanan West Ham. Son memilih melepas bola ke tiang jauh daripada mengarahkan ke Kane. Pilihan Son jitu karena Moura dengan cermat menyambut bola lebih cepat dari jangkauan bek West Ham. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Tottenham semkain sulit dikejar setelah Kane mencetak gol ketiga timnya pada laga ini pada menit ke-49. Menyambut umpan silang Serge Aurier dari sisi kanan, tandukan Kane tak bisa dihentikan Roberto Jimenez.

Pelatih West Ham MAnuel Pellegrini membuat perubahan dengan memasukkan Pablo Fornals pada menit ke-56 menggantikan Andriy Yarmolenko. Sebelumnya, Pellegrini sudah menurunkan Michail Antonio pada awal babak kedua menggantikan Felipe Anderson.

Belum cukup, Pellegrini memasukkan Carlos Sanchez menggantikan bek Issa Diop pada menit ke-64 untuk tampil lebih menyerang. Pergantian ini berpengaruh terhadap permainan the Hammers. Tuan rumah memperkecil skor pada menit ke-73 lewat Antonio, memaksimalkan umpan Mark Noble.

Mourinho merespons dengan memasukkan bek Danny Rose menggantikan Ben Davies pada menit ke-75. Ia juga mengganti Alli yang lelah dengan Christian Eriksen pada menit ke-79. Terakhir, Mourinho memasukkan gelandang bertahan Moussa Sissoko menggantikan LUcas Moura pada meniot ke-82. 

Tottenham tampaknya akan memenangkan laga ini dengan mudah. Namun West Ham yang tak mau menyerah beberapa kali menciptakan peluang berbahaya. Hingga akhirnya Angelo Ogbonna menjebol gawang Spurs yang dijaga Paulo Gazzaniga pada menit keenam injury time. Mourinho tampak bereaksi kesal atas gol ini, tapi kemudian lega karena hanya beberapa saat berselang wasit Michael Oliver meniup peluit tanda laga berakhir.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA