Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Persija Tahan Imbang Arema di Malang

Sabtu 23 Nov 2019 17:26 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Penyerang Persija Marko Simic.

Penyerang Persija Marko Simic.

Foto: ANTARA FOTO/Risky Andriant
Hasil ini mempertahankan posisi Persija di peringkat 12 klasemen dengan nilai 35.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta mencuri satu poin dari kandang Arema FC pada laga pekan ke-28 Liga 1. Persija menahan imbang Arema 1-1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (23/11). Gol tandukan penyerang Persija Marko Simic dibalas penalti Makan Konate.

Hasil ini mempertahankan posisi Persija di peringkat 12 klasemen dengan nilai 35. Sementara Arema juga tetap di posisi lima dengan nilai 42.

Jalannya laga

Baca Juga

Peluang pertama didapatkan Arema lewat sepakan keras gelandang Konate Makan dari luar kotak penalti. Namun, bola masih bisa dihalau oleh pemain bertahan Persija.

Tim tamu akhirnya mendapatkan peluang emas pada pertengahan babak pertama. Lewat serangan balik cepat, yang diinisiasi Riko Simanjuntak, Marko Simic berhasil merangsek ke jantung pertahanan Singo Edan. Sayangnya, Simic kehilangan kendali bola dan peluang itu dimentahkan oleh barisan pertahanan Arema.

Pada menit ke-42, Persija mendapatkan hadiah tendangan penalti. Wasit menunjuk titik putih usai Riko dijatuhkan Agil Munawar. Namun, kesempatan untuk bisa mencatatkan keunggulan lewat tendangan penalti ini gagal. Kiper Arema Kurniawan Kartika Aji berhasil menebak arah bola dan menghalau bola hasil tendangan Simic sebagai algojo. Ini menjadi kegagalan pertama Simic dalam mengeksekusi tendangan penalti di pentas Liga 1 musim ini. Skor imbang, tanpa gol, akhirnya bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-67, pelatih Arema, Milomir Seslija, akhirnya memasukan Sylvano Comvalius untuk menggantkan Rivaldi Bawuo. Kehadiran Comvalius diharapkan bisa memecah kebuntuan di lini serang tim tuan rumah. Di sisi lain, Persija juga tidak mau ketinggalan untuk melakukan pergantian pemain.

Tidak tanggung-tanggung, pelatih Edson Tavares langsung mengganti dua pemain sekaligus, yaitu dengan memasukan Ramdani Lestaluhu dan Rohit Chand. Ramdani dan Rohit dihadirkan guna meningkatkan performa lini tengah Macan Kemayoran.

Berbagai upaya yang dilakukan Macan Kemayoran untuk membongkar pertahanan tuan rumah akhirnya berbuah maksimal pada menit ke-76. Menerima operan silang Sandi Sute dari tengah lapangan, Novri Setiawan yang berlari di sisi kanan menyambutnya dengan melepas umpan lambung kepada Simic di kotak penalti. Penyerang asal Kroasia itu sukses menyambut umpan tersebut dan mengarahkan bola ke sisi kanan. Bola pun meluncur mulus tanpa bisa dihalau Kurniawan, sekaligus membawa Persija mencatatkan keunggulan atas tuan rumah.

Namun, meski telah unggul, Persija tidak mengendurkan serangan. Selang dua menit setelah gol Simic, Macan Kemayoran kembali mendapatkan peluang. Kali ini lewat tendangan keras Ramdani dari dalam kotak penalti. Namun, bola hasil tendangan Ramdani itu masih membentur mistar gawang.

Tertinggal satu gol, Arema langsung mengambi alih kendali laga. Serangan demi serangan terus dilancarkan Singo Edan. Hasilnya, kesalahan salah satu pemain Persija, yang menyentuh bola di kotak penalti, berbuah hadiah tendangan penalti buat tim tuan rumah pada menit ke-87.

Makan Konate tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dan melepaskan tendangan keras ke arah kiri gawang Persija. Kiper Shahar Ginanjar sebenarnya bisa menebak arah bola dengan melompat ke kiri. Tapi halauan tangannya tak mampu mengadang derasnya bola yang akhirnya merobek gawang Persija.

Setelah gol ini, kedua tim sama-sama berhasrat mencari gol kemenangan. Namun hingga lima menit injury time laga berakhir, skor bertahan 1-1.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA