Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Gaun Putri Diana dan Kenangan Dansa John Travolta

Sabtu 23 Nov 2019 01:15 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

 Gaun yang dikenakan Putri Diana pada November 1985 akan kembali dilelang. Dibalut gaun ikonik itu,, Lady Di sempat menari bersama aktor John Travolta saat menghadiri undangan makan malam dari Gedung Putih.

Gaun yang dikenakan Putri Diana pada November 1985 akan kembali dilelang. Dibalut gaun ikonik itu,, Lady Di sempat menari bersama aktor John Travolta saat menghadiri undangan makan malam dari Gedung Putih.

Foto: EPA
Pada Juni 1997, dua bulan sebelum meninggal secara tragis, Diana lelang gaun-gaunnya.

CEKNRICEK.COM -- Putri Diana semasa hidup dikenal mempunyai selera mode yang memikat. Ia tak ragu mendobrak tradisi kerajaan dalam hal berpakaian.

Mendiang senang bereksperimen dengan desain baju yang tak biasa, penggunaan warna-warna terang dan beragam aksesori. Meski telah pergi sejak 22 tahun silam, namun gaya busananya selalu dikenang sebagai ikon mode. 

Salah satunya gaun beludru biru tua yang dikenakan Diana saat berdansa dengan John Travolta di Gedung Putih, Amerika Serikat, pada tahun 1985. Dalam jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh Presiden Ronald Reagan itu, Diana mengenakan gaun karya Victor Edelstein. Ia melengkapi penampilannya dengan kalung mutiara, diberi batu safir dan berlian, yang awalnya merupakan bros pemberian Ibu Ratu. 

Pada Juni 1997, dua bulan sebelum meninggal secara tragis, Diana melelang banyak gaunnya, termasuk gaun Victor Edelstein. Penjualan pakaian Diana dikumpulkan untuk Rumah Sakit Royal Marsden dan Trust Crisis Trust. 

Sejak itu, gaun beludru biru telah berpindah tangan beberapa kali. Kini gaun tersebut akan dijual kembali dengan harga yang diperkirakan Rp 6,5 miliar. Menurut rencana, acara pelelangan Passion for Fashion akan berlangsung di bulan Desember mendatang. 

Kepada harpersbazaar.com, Rabu (20/11), Lucy Bishop dari Kerry Taylor Auctions mengatakan, busana itu salah satu gaun paling penting dan ikonik yang pernah dikenakan Putri Diana. Selain gaun Victor Edelstein, berikut beberapa penampilan terbaik Putri Diana. 

Dress floral dan blazer
Pada Agustus 1981, Putri Diana tampil trendi dengan sentuhan dress bermotif floral yang ditumpuk dengan blazer oversized warna putih. Untuk melengkapi penampilannya, Diana memilih mengenakan kalung mutiara. 

Baca Juga: 3 Fashion Item Putri Diana yang Kembali Menjadi Tren di 2019

One-shoulder dress
November 1982, Diana tampil beda dalam balutan one-shoulder dress warna biru dengan detail ruffle. Diana memakai setelan perhiasan mutiara dari anting, kalung dan gelang. Clutch hitam dipilih Diana untuk memberikan tampilan yang simple.  

Gaun ruffle biru dan mahkota
Diana kerap memakai busana ruffle. Pada Juni 1983, Diana tampil mengenakan gaun warna biru yang dipadukan bersama ikat pinggang metalik untuk membentuk bagian pinggangnya. Yang menarik dari tampilan ini, sang putri mengenakan mahkota dan ornamen pita kuning pada dress dihiasi frame foto berukuran kecil sebagai aksesori tambahan. 

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA