Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Museum Komodo Selesai Dibangun Tahun Depan

Jumat 22 Nov 2019 14:07 WIB

Red: Indira Rezkisari

Seekor komodo berada di Pulau Rinca, Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, Ahad (14/10).

Seekor komodo berada di Pulau Rinca, Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, Ahad (14/10).

Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Museum komodo akan berisi informasi tentang perkembangbiakan Komodo.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Kepala Biro Humas Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu mengatakan pembangunan museum Komodo di Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores akan direalisasikan pada 2020. Museum komodo akan menjadi pusat informasi pula bagi wisatawan.

"Proses persiapan pembangunan museum Komodo sudah mulai dilakukan sehingga pembangunan museum Komodo dipastikan direalisasikan pada 2020," kata Marius Ardu Jelamu di Kupang, Jumat (22/11), terkait realisasi pembangunan museum Komodo.

Ia menambahkan, pembangunan museum Komodo di Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat sebagai sarana informasi bagi wisatawan yang berwisata ke Pulau Komodo. Wisatawan terutama akan tahu tentang proses perkembangbiakan Komodo.

Menurut dia, kehadiran museum Komodo menjadi salah satu lokasi wisata menarik bagi wisatawan dan para peneliti dalam meneliti sejarah binatang purbakala Komodo.

Marius Ardu Jelamu menjelaskan, museum yang segera dibangun di Pulau Komodo dilengkapi fasilitas audiovisual. Yakni tentang proses pengembangbiakan Komodo sehingga mudah dipahami wisatawan yang datang berkunjung ke Pulau Komodo.

"Museum Komodo selain sebagai pusat wisata juga dimanfaatkan untuk tempat penelitian terkait sejarah keberadaan habitat Komodo. Para ahli akan mendapat beraga informasi di museum Komodo itu," terang Marius Ardu Jelamu didampingi Kasubag Pers dan Pengelolaan Pendapat Umum Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Veri Guru.

Ia mengatakan dalam museum Komodo dilengkapi juga dengan berbagai dokumen-dokumen ilmiah tentang sejarah Komodo hingga destinasi wisata internasional itu menjadi "new seven wondered of nature" di dunia.

Menurut dia, pemerintah NTT bersama pemerintah pusat akan mengelola secara bersama Pulau Komodo sebagai kawasan terkonservasi mulai tahun 2020. "Berbagai tahapan persiapan pengelolaan Pulau Komodo secara bersama pemerintah NTT dan Pemerintah Pusat sudah mulai dilakukan termasuk penyiapan teknologi untuk transaksi pembelian tiket masuk bagi wisatawan yang datang berwisata ke Pulau Komodo," jelasnya.




sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA