Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Wapres Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati

Jumat 22 Nov 2019 12:43 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani

Wakil Presiden Ma

Wakil Presiden Ma

Foto: Dok Setwapres
Kiai Ma'ruf harus menaiki puluhan anak tangga untuk menuju makam Sunan Gunung Jati

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin berziarah ke Makam Sunan Gunung Jati, salah satu dari sembilan Wali Songo di sela kunjungan kerja ke Cirebon, Jumat (22/11). Ma'ruf didampingi Ibu Hj Wury Ma'ruf Amin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istri saat berziarah sekaligus berdoa bersama di makam salah satu tokoh penyebar agama Islam di Nusantara tersebut.

Kiai Ma'ruf yang menggunakan setelan sarung, jas serta sorban tiba di area Makam sekitar pukul 10.10 WIB, kemudian masuk ke area makam. Letak posisi Makan Sunan Gunung Jati berada di paling atas area makan. Sehingga, Kiai Ma'ruf harus menaiki puluhan anak tangga untuk menuju makam Sunan yang memiliki nama asli Syekh Syarif Hidayatullah itu.

Saat tiba di area makan Sunan, Kiai Ma'ruf pun memimpin doa bersama untuk mengharapkan keselamatan bangsa dan negara. Sekitar kurang lebih 30 menit, Kiai Ma'ruf bersama rombongan kemudian menyudahi ziarah dan beranjak ke Keraton Kesultanan kesepuhan Cirebon untuk persiapan sholat Jum'at di masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon.

Area Makam Sunan Gunung Jati selalu menjadi tujuan para peziarah dari berbagai kota. Di waktu-waktu tertentu, semakin ramai seperti pada malam Jumat Kliwon, Maulid Nabi, Grebeg Syawal, Grebeg Rayagung, dan ritual pencucian benda-benda pusaka.

Di dalam kompleks pemakaman ini tidak hanya ada makam Sunan Gunung Jati saja, tapi juga kerabat-kerabat sang wali. Sedangkan tempat yang disebut Gunung Jati adalah merupakan lokasi makam-makam kuno lainnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA