Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Daop 3 Cirebon Tanam Pohon di Stasiun Cirebon Prujakan

Kamis 21 Nov 2019 12:49 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah

Penanaman pohon (ilustrasi)

Penanaman pohon (ilustrasi)

Foto: Ist
Penanaman pohon bertepatan dengan Hari Pohon Sedunia.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon melakukan aksi penanaman 122 pohon di lingkungan Stasiun Cirebon Prujakan, Kamis (21/11). Bertepatan dengan Hari Pohon Sedunia, penanaman sebanyak 122 pohon itu memiliki filosofi tersendiri.

Aksi penanaman pohon itu dipimpin oleh Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi. Kegiatan itu merupakan bentuk kepedulian PT KAI terhadap kelestarian alam dan menjaga lingkungan stasiun menjadi bersih, asri dan hijau. "Tahun 2019 merupakan tahun penataan dan pengembangan untuk Stasiun Cirebon Prujakan," kata Tamsil.

Tamsil menjelaskan, jumlah pohon yang ditanam sebanyak 122 pohon itu memiliki filosofi tersendiri. Angka tersebut, merupakan simbol bahwa Stasiun Cirebon Prujakan, yang didirikan pada 1897, telah melayani pengguna jasa KA selama 122 tahun.

Baca Juga

Kegiatan penanaman pohon itu dilakukan di sekitar lahan tidak produktif seluas kurang lebih dua hektare. Lahan tersebut terletak di antara jalur kereta api dari arah Cirebon ke Purwokerto dan Cirebon ke Tegal. "Lahan itu nantinya dinamai Taman Buah Prujakan," tegas Tamsil.

Adapun pohon yang ditanam merupakan pohon buah berjenis Matoa dan Mangga. Taman Buah Stasiun Cirebon Prujakan itu nantinya diharapkan bisa memberi manfaat dalam pengurangan polusi dan menjadi paru-paru bagi Kota Cirebon.

Seperti diketahui, Stasiun Cirebon Prujakan telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya yang terdaftar di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata berdasarkan Surat Keputusan Menteri Nomor PM.58/PW.007/MKP/2010. Pada 2019 ini, sejumlah penataan dan pengembangan dilakukan di Stasiun Cirebon Prujakan untuk meningkatkan fasilitas pelayanan kepada penumpang.

Stasiun Cirebon Prujakan merupakan Stasiun tersibuk kedua di wilayah Daerah Operasi 3 Cirebon. Pada penataan dan pengembangan di Stasiun Cirebon Prujakan, PT KAI Daop 3 Cirebon menambah fasilitas layanan bagi penumpang berupa area parkir mobil dan parkir motor yang dilengkapi dengan system E-Gate, area drop off penumpang, restoran, ATM galery, mini market, pos kesehatan, ruang laktasi, photo booth serta mushola dan toilet dengan desain yang baru. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA