Rabu 20 Nov 2019 13:20 WIB

UNS Jalin Kerja Sama dengan NPC Indonesia

UNS dan NPC Indonesia bisa bersama-sama meningkatkan SDM khususnya para atlet

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani
Gedung kantor pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.
Foto: Republika/Binti sholikah
Gedung kantor pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjalin kerja sama dengan National Paralympic Committee (NPC) Indonesia. Penandatangan nota kerja sama dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNS, Sajidan dan Presiden NPC Indonesia Senny Marbun di Gedung Auditorium GPH Haryo Mataram UNS, Selasa (19/11) malam. Sajidan menjelaskan, ruang lingkup perjanjian nota kerja sama tersebut meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pelatihan, penyelenggaraan pengabdian masyarakat, peningkatan dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan kegiatan lain yang disepakati oleh kedua instansi.

"Melalui kerja sama ini, diharapkan bisa mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki oleh kedua belah pihak guna mengembangkan kerja sama pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengembangan dan pengabdian masyarakat," jelas Sajidan seperti tertulis dalam siaran pers, Rabu (20/11).

Dengan ditandatanganinya nota kerjasama tersebut, UNS dan NPC Indonesia bisa bersama-sama meningkatkan SDM khususnya para atlet yang telah menjadi pemenang di Asean Para Games. Ke depannya Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS bisa lebih berperan aktif dalam mencetak prestasi atlet di kancah Internasional.

Menurut Sajidan, alasan NPC Indonesia menjalin kerja sama dengan UNS karena UNS mempunyai fasilitas olahraga yang mendukung para atlet NPC Indonesia. Misalnya stadion yang bisa digunakan untuk atletik, GOR UNS dan tempat fitness center di kampus FKOR.

"UNS akan selalu meningkatkan sarana dan prasarana termasuk fasilitas bagi disabilitas, supaya disabilitas mendapatkan pelayanan yang sama dengan mahasiswa-mahasiswa lainnya. Dan kerja sama ini juga membuktikan bahwa kampus UNS sangat ramah terhadap para disabilitas," imbuh Sajidan.

Sementara itu, Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun mengatakan dengan ditandatanganinya kerjasama ini para atlet diharapkan mampu meningkatkan prestasi di Asean Paragames di Manila nanti. "Kami yakin dengan pakar olahraga yang ada di UNS, bisa membimbing atlet kami untuk terus berprestasi," ujar Senny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement