Rabu 20 Apr 2022 23:59 WIB

Khutbah Jumat Pertama Rasulullah, Apa Isinya?

Khotbah Jumat merupakan nasihat dan tuntunan ibadah?

Rasulullah: Khutbah Jumat Nabi Muhammad SAW
Foto: wikipedia
Rasulullah: Khutbah Jumat Nabi Muhammad SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Khotbah Jumat merupakan nasihat dan tuntunan ibadah yang disampaikan khatib kepada jamaah shalat Jumat untuk tetap bertakwa kepada Allah SWT. Dalam berkhotbah, khatib disunahkan berdiri di atas mimbar dan bersuara dengan fasih dan lantang. 

Pada shalat Jumat pertama yang dilaksanakan 16 Rabiul  Awal 1 Hijriah di sebuah kampung di dekat desa Quba’,  Rasulullah pun menyampaikan khotbah yang cukup sederhana. Seperti apa khotbah beliau saat itu? 

Berikut adalah khotbah Jumat pertama Rasulullah sebagaimana yang terdapat dalam Sirah Ibnu Hisyam. “Amma ba’du. Wahai segenap manusia, hendaklah kamu menyediakan amal kebajikan untuk dirimu sendiri karena kamu sungguh akan mengetahui. Demi Allah, sesungguhnya salah seorang dari kamu akan dikejutkan oleh suara yang gemuruh, kemudian ia pasti meninggalkan kambingnya, tidak ada yang menggembalanya. 

Kemudian, Tuhan akan berfirman kepadanya, padahal tidak ada pula orang yang menerjemahkan firman itu dan tidak ada seorang pun penghalang yang akan menghalangi-halangi pada sisi-Nya. Firman-Nya, ‘Tidakkah seorang Rasul datang kepadamu lalu ia menyampaikan kepadamu. Aku telah memberi harta benda kepadamu dan Aku telah mengaruniai pula atas kamu, maka apa yang telah kamu sediakan untuk dirimu sendiri?’ Oleh sebab itu, ia tentu akan melihat ke kanan dan ke kiri, lalu ia tidak akan melihat sesuatu. Kemudian, ia tentu melihat mukanya, maka tidaklah ia melihat selain neraka jahanam. Barang siapa yang dapat memelihara mukanya dari bahaya api neraka, walaupun dengan separuh buah kurma, maka hendaklah ia mengerjakan. 

Barang siapa yang tidak mendapatinya, hendaklah dengan kalimat thayyibah. Karena dengan kalimah thayyibah itu, satu kebagusan akan memberi balasan sepuluh yang semisalnya sampai tujuh ratus kali lipat. Keselamatan dan rahmat Allah serta berkah-Nya semoga dilimpahkan atas kamu dan atas Rasulullah.” 

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement