Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

MUI Kirim Dai ke Papua Barat

Senin 11 Nov 2019 18:18 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

Ilustrasi Dialog Jumat Tema: Kisah Dai-Dai di Pedalaman

Ilustrasi Dialog Jumat Tema: Kisah Dai-Dai di Pedalaman

Foto: Republika/ Yasin Habibi
Para dai yang dikirim ke Papua Barat akan mengajari dan melayani masyarakat Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengirim lima orang dai ke Papua Barat dalam program MUI Berkhidmat pada 14 September 2019. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Papua Barat menyampaikan bahwa para dai MUI sangat dibutuhkan masyarakat Muslim di Papua Barat.

Ketua MUI Provinsi Papua Barat, Ustaz Ahmad Nausrau mengatakan, lima dai yang dikirim Komisi Dakwah MUI Pusat bertugas di Kabupaten Kaimana, Teluk Bintuni, Sorong Selatan, Raja Ampat dan Manokwari Selatan. Mereka bertugas untuk mengajari dan melayani masyarakat Muslim.

"Para dai itu menjadi imam, khatib, mengajar mengaji anak-anak Muslim asli Papua, mengajari baca tulis Alquran dan tata cara shalat, dan mengisi majelis taklim," kata Ustaz Ahmad kepada Republika, Senin (11/11).

Ia menyampaikan, kehadiran para dai yang dikirim Komisi Dakwah MUI Pusat sangat dibutuhkan oleh masyarakat Papua Barat. Sebab bisa dikatakan wilayah pedalaman Papua Barat masih sangat kekurangan dai.

Ketua MUI Papua Barat sangat bersyukur para dai sedang melaksanakan tugas dengan sangat baik. Berdasarkan laporan yang diterimanya, para dai telah melakukan interaksi sosial dan dakwah yang baik di tengah masyarakat Papua Barat.

Ustaz Ahmad berharap akan ada tambahan dai yang bertugas di Papua Barat karena masyarakat sangat membutuhkan mereka. "Dai yang ada belum mencukupi kebutuhan di Papua Barat, kita berharap ini menjadi semacam pilot proyek, kita berharap ke depan program ini bisa ditingkatkan jumlah dainya," ujarnya.

Ia menyampaikan, masih banyak wilayah di Papua Barat yang membutuhkan dai. Bila awal tahun depan Komisi Dakwah MUI Pusat mengirim dai lagi, Ustaz Ahmad sangat bersyukur karena awalnya MUI Papua Barat meminta agar para dai dikirim ke setiap kabupaten di Papua Barat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA