Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

PMI Evakuasi Kerangka Manusia Diduga Korban Tsunami Aceh

Ahad 10 Nov 2019 18:50 WIB

Red: Ani Nursalikah

Warga berjalan di dekat rambu peringatan bencana tsunami di pantai wisata Kampung Jawa, Banda Aceh, Aceh, Selasa (8/1/2019).

Warga berjalan di dekat rambu peringatan bencana tsunami di pantai wisata Kampung Jawa, Banda Aceh, Aceh, Selasa (8/1/2019).

Foto: Antara/Irwansyah Putra
Kerangka manusia itu ditemukan seorang warga saat sedang mencangkul di kebun.

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) bersama prajurit TNI mengevakuasi kerangka manusia diduga korban tsunami di kawasan kebun Desa Suak Nie, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

"Kerangka tersebut diduga korban tsunami Aceh pada 26 Desember 2004," kata Sekretaris PMI Aceh Barat Dedi Suwandi, Ahad (10/11).

Baca Juga

Kerangka manusia itu sebelumnya ditemukan seorang warga saat sedang mencangkul di kebun guna menyemai bibit tanaman padi pada Jumat (8/11). Kerangka tersebut baru dievakuasi pada Ahad siang setelah temuan ini dilaporkan kepada PMI Aceh Barat.

Saat ditemukan, kata Dedi, kerangka manusia tanpa identitas tersebut terbungkus dalam kantung jenazah dan diduga sudah lama dikebumikan di kawasan ini. Jasad yang sudah dievakuasi oleh PMI bersama masyarakat dan prajurit TNI tersebut kemudian dikebumikan di tempat pemakaman umum, Desa Suak Raya, Meulaboh, Aceh Barat.

"Kami berterima kasih kepada masyarakat yang sudah menginformasikan adanya temuan kerangka diduga korban tsunami ini," ujarnya.

Usman Said (43 tahun) warga Desa Suak Nie, Meulaboh, menemukan kerangka tersebut pada saat sedang menggali tanah di kebun. Dia kemudian melihat sebuah bungkusan kantung jenazah yang di dalamnya terdapat kerangka manusia. Temuan tersebut kemudian disampaikan kepada aparat desa dan kemudian diteruskan kepada pihak terkait.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA