Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Tak Hanya Hagia Sophia, Museum Chora Juga akan Diubah Masjid

Kamis 07 Nov 2019 23:59 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nashih Nashrullah

Gereja Chora Turki

Gereja Chora Turki

Gereja Chora saat ini difungsikan sebagai museum,

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL – Pemerintah Turki telah memutuskan gereja tua Chora dikembalikan menjadi Masjid. Pemerintah menilai pengembalian fungsi itu sesuai dengan awal mula peruntukkan bangunan tersebut.

Kelompok Kristen Ortodoks dan Katolik mengkhawatirkan keputusan Pemerintah Turki bakal berdampak pada gereja lain yakni dijadikan masjid. Khususnya Hagia Sophia yang awal didirikan sebagai Masjid lalu berubah jadi Masjid dan kini difungsikan sebagai museum.

Baca Juga

Gereja Chora dibangun pada abad ke-5 di wilayah barat Istanbul. Gereja itu memiliki desain klasik yang menawan. Kemudian pada 1511 dialihfungsikan menjadi Masjid oleh kerajaan Turki Ottoman. Lalu pada 1945, hingga saat ini bangunan tersebut digunakan sebagai museum.

Gereja Chora senasib dengan Gereja Hagia Sophia. Keduanya dibangun pada periode yang sama sebagai gereja dan dialihfungsikan sebagai masjid saat kejatuhan Konstantinopel. Namun berkat gerakan kelompok sekuler Turki, Hagia Sophia dijadikan museum sejak 1935 sampai sekarang.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sempat mengancam mengembalikan Hagia Sophia sebagai Masjid. Tujuannya demi mendapat simpati Muslim dunia. Tapi gertakannya itu belum diwujudkan sampai sekarang.  

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA