Kamis 07 Nov 2019 04:00 WIB

Anggota IGI Jakarta Dapat Penghargaan dari Anies Baswedan

Penghargaan diberikan kepada guru yang berhasil membuat program pelatihan guru.

Rep: Febryan A/ Red: Andi Nur Aminah
Danang Hidayatullah, salah satu anggota IGI Jakarta mendapat penghargaan Padmamitra Awards+ 2019 kategori Pendidikan yang diserahkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Foto: Dok IGI
Danang Hidayatullah, salah satu anggota IGI Jakarta mendapat penghargaan Padmamitra Awards+ 2019 kategori Pendidikan yang diserahkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan penghargaan Padmamitra Awards+ 2019 kategori Pendidikan kepada salah satu anggota Ikatan Guru Indonesia (IGI) Jakarta, Danang Hidayatullah. Penghargaan diserahkan Anies di Balai Kota DKI, Selasa (5/11).

Danang diganjar penghargaan itu setelah berhasil membuat program pelatihan guru yang dinamakan School to School Training (STST). Sebuah program pelatihan gratis untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas guru dalam mengembangkan proses belajar interaktif dan inovatif. Pemerataan kualitas guru juga jadi visi program yang dipimpin langsung oleh Danang itu.

Baca Juga

Program STST digerakkan oleh guru fasilitator yang memiliki keahlian di bidangnya serta memiliki sertifikat dan pengalaman melatih guru. Hingga saat ini, STST Program sudah diikuti lebih dari 100 sekolah dan 5.000 guru.

"STST Program diharapkan dapat menginspirasi relawan guru fasilitator di setiap wilayah untuk bergerak mandiri membantu para guru yang membutuhkan pelatihan tanpa mengandalkan pendanaan dari APBN maupun APBD," kata Danang dalam keterangan pers IGI yang diterima Republika.co.id di Jakarta, Rabu (6/11).

Ketua Umum Pengurus Pusat IGI Pusat Muhammad Ramli Rahim, mengatakan, perjuangan IGI dalam menjalankan program STST terbilang tak mudah. Selain berjalan tanpa bantuan dana APBD ataupun APBN, program ini juga sempat kesulitan mendatang para guru yang mau jadi peserta.

"Saya selaku ketua pun sempat bertemu Gubernur Anies untuk meminta Dinas Pendidikan DKI menghadirkan guru dalam pelatihan STST. Beruntung setelah pertemuan kedua, hal itu bisa terwujud dan kini IGI bebas meningkatkan kompetensi guru hingga akhirnya mendapatkan penghargaan Padmamitra Awards+ 2019," kata Ramli Rahim.

Padmamitra+ Awards 2019 merupakan acara yang diselenggarakan oleh Forum CSR DKI Jakarta dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakart. Acara ini bertujuan untuk memberikan suatu apresiasi dan penghargaan terhadap Organisasi Masyarakat, Yayasan, Lembaga nonprofit, perusahaan BUMN dan BUMD serta anak perusahaannya yang telah berkontribusi terhadap kesejahteraan sosial dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement