Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Erick Ingin Pemilihan Dirut BUMN Transparan

Selasa 05 Nov 2019 13:57 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya

Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sambutan pada acara serah terima jabatan di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10).

Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sambutan pada acara serah terima jabatan di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10).

Foto: Republika/Prayogi
Erick meminta para pejabat BUMN bekerja secara maksimal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan pemilihan pejabat BUMN mesti melalui mekanisme yang transparan dan terbuka. Erick menilai hal ini penting selain karena untuk kredibilitas BUMN, juga untuk mendorong pejabat tersebut bekerja secara profesional.

Keterbukaan pemilihan Dirut ini, kata Erick, melalui mekanisme Tim Penilaian Akhir (TPA). Apalagi, untuk BUMN yang memiliki nilai aset yang besar dan punya keterlibatan saham publik.

Harapannya, dengan sistem ini maka pejabatan BUMN bisa memiliki profesionalisme. "Saya rasa 25-30 perusahaan besar berdasarkan aset, revenue, dan profit sebaiknya diproses lewat TPA biar transparan pemilihannya," ujar Erick di Kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (5/11).

Erick juga menegaskan untuk Dirut yang terpilih diharapkan bisa bekerja dengan baik. Ia tidak ingin apabila pejabat BUMN tidak bekerja secara maksimal. Sebab, ada banyak tugas yang perlu diselesaikan dan diemban saat ini.

"Seperti saya bilang mau duduk di jabatan tapi nggak berkeringat dan nggak mau kerja, nggak bisa begitu," ujar Erick.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA