Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

IPB Siap Berikan Gelar Akademik kepada Kades

Selasa 05 Nov 2019 02:05 WIB

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Gita Amanda

IPB University Bogor.

IPB University Bogor.

Foto: Dok IPB
IPB University akan membantu perwujudan pemerintahan desa yang lebih baik.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Institut Pertanian Bogor (IPB) University menjalin kerja sama dengan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk memberikan pendidikan 'kuliah' pada kepala desa (kades) di Kabupaten Bogor. Hal itu, agar dapat meningkatkan kapasitas pemerintahan di desa.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria mengatakan program pendidikan tersebut berupa kursus jangka pendek (short course). Namun, jika diperlukan, Arif menerangkan, IPB University siap memberikan gelar pada kepala desa di Kabupaten Bogor.

"Kalo ini memang diperlukan gelar akademik, kita akan siapkan program khusus," kata Arif saat ditemui di IPB Dramaga, Senin (4/11).

Arif menjelaskan, IPB University dan Pemkab Bogor telah menjalin kerja sama termasuk dalam menghasilkan smart village dan smart government. Sehingga, program tersebut dapat membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Bogor.

Melalui Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3), Arif menyebut, IPB University akan membantu perwujudan pemerintahan desa yang lebih baik. Dengan demikian, dia mengatakan, pemerintah desa dapat mengelola data desa secara presisi dan akurat.

"Untuk melengkapi pemerintah desa secara presisi, secara akurat kan dibutuhkan orang-orang yang berfikir ke masa depan, dapat mengoperasikan alat-alat, punya mindset terhadap akurasi data," katanya.

Arif berharap kerjasama itu dapat mengubah pengelolaan pemerintah desa yang dianggap kurang optimal. Selain itu, Arif mengatakan, kepala desa yang akan mendapat pendidikan di IPB University dapat berkolaborasi dengan warga yang dipimpin untuk memajukan desa.

"Saya kira kolaborasi ini paradigma yang harus dibangun," tuturnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menyusun program untuk meningkatkan kapasitas pemerintahan di desa. Pemkab akan menguliahkan seluruh kades IPB University.

Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin menjelaskan, program tersebut diharapkan dapat meningkat pengelolaan pemerintah desa. Ade mengatakan, program peningkatan kapasitas pemerintahan desa itu akan dilaksanakan pada tahun 2020.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA