Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Olahraga Pencegah Pradiabetes Berkembang Jadi Diabetes

Senin 04 Nov 2019 07:28 WIB

Rep: Gumanti Alawiyah/ Red: Reiny Dwinanda

Senam aerobik bantu perkuat daya ingat Anda

Senam aerobik bantu perkuat daya ingat Anda

Foto: Health
Pradiabetes bisa dicegah berkembang menjadi diabetes dengan olahraga yang tepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika diberi tahu bahwa gula darah lebih tinggi dari normal, itu artinya Anda mengalami pradiabetes. Pada fase ini Anda akan disarankan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, agar pradiabetes tidak berkembang menjadi diabetes.

Diwartakan Health 24, Senin (4/11), menurunkan berat badan dan memperbaiki pola makan bisa menjadi salah satu upaya untuk menekan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, rutin berolahraga juga berperan penting dalam pencegahan diabetes.

Penelitian yang dilakukan di University of Michigan dan diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menemukan bahwa orang dengan pradiabetes, terlebih yang memiliki kelebihan berat badan, dianjurkan melakukan aktivitas aerobik secara teratur. Aerobik bisa mempercepat proses metabolisme dalam tubuh dan mencegah diabetes.

Idealnya, lakukan aerobik selama total 150 menit per pekan, dengan pembagian 30 menit setiap harinya selama lima hari. Namun, pemula bisa mencoba melakukan gerakan aerobik selama 10 menit dahulu setiap harinya selama lima hari berturut-turut.

Latihan kekuatan atau angkat beban juga dapat dilakukan sebagai alternatif pilihan olahraga. Yang tidak kalah penting, Anda harus memiliki waktu istirahat untuk memberikan waktu pemulihan dan pertumbuhan otot. Setidaknya, luangkan waktu 48 jam untuk istirahat dari sesi aerobik ke sesi angkat beban dan sebaliknya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA