Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

KLHK Siapkan Bibit Pohon untuk Rehabilitasi Hutan dan Lahan

Senin 04 Nov 2019 06:33 WIB

Rep: Deddy Darmawan Nasution/ Red: Andi Nur Aminah

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya memberi sambutan saat peluncuran Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) di lapangan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya memberi sambutan saat peluncuran Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) di lapangan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Foto: Antara/Nova Wahyudi
Penyiapan bibi itu sebagai salah satu program rehabilitasi hutan dan lahan Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyiapkan bibit pohon lewat kegiatan persemaian di Bandung, Jawa Barat. Penyiapan bibit tersebut sebagai salah satu upaya untuk program rehabilitasi hutan dan lahan di Indonesia.

Persemaian tersebut tepatnya terletak di petak 57 C BKPH Manglayang Barat, Bandung, Jawa Barat. "Persemaian ini telah menghasilkan bibit-bibit siap tanam dan musim penghujan telah tiba,"  kata Menteri LHK, Siti Nurbaya dalam siaran pers, Ahad (3/11).

Baca Juga

Karena musim hujan telah tiba, Siti meminta jajarannya untuk bisa mengebut proses persemaian. Hasil bibit yang didapat harus segera ditanam di berbagai lokasi sekaligus dibagikan kepada masyarakat untuk ditanam.

Siti mengharapkan agar upaya persemaian ke depan semakin melibatkan masyarakat sekitar. Sebab, upaya rehabilitasi hutan dan lahan membutuhkan dukungan kuat dari masyarakat lokal.

Ia mengatakan, untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan, maka harus ditempuh melalui tiga cara. Pertama adalah pengembangan kebijakan tata ruang terintegrasi, kedua yakni mitigasi perubahan iklim, serta ketiga penegakan hukum dan rehabilitasi lingkungan hidup. KLHK dalam hal ini bertugas untuk melakukan rehabilitasi hutan dan lahan, sekaligus daerah aliran sungan (DAS).

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pengendalian DAS dan Hutan Lindung, Hudoyo, mengatakan, disamping untuk rehabilitasi hutan, hal itu juga untuk memenuhi keperluan masyarakat dalam melakukan penghijauan daerahnya.

"Kepada masyarakat yang ingin mendapatkan bibit pohon untuk kegiatan penghijauan lingkungan dan rehabilitasi lahan, dapat menghubungi Kepala Balai PDASHL di seluruh Indonesia yang tersedia di 51 Persemaian permanen di wilayah kerja Balai PDASHL," ujarnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA