Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Gol Injury Time Tosun Gagalkan Kemenangan Tottenham

Senin 04 Nov 2019 01:42 WIB

Red: Israr Itah

Pemain Everton Cenk Tosun (kiri) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Tottenham Hotspur.

Pemain Everton Cenk Tosun (kiri) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Tottenham Hotspur.

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Everton menahan imbang Tottenham 1-1 pada laga yang berakhir Senin (4/11) dini hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cenk Tosun menjadi pahlawan Everton saat meladeni Tottenham pada laga pekan ke-11 Liga Primer Inggris. Gol Tosun pada injury time menggagalkan kemenangan Tottenham di Goodison Park. Everton menahan imbang Tottenham 1-1 pada laga yang berakhir Senin (4/11) dini hari WIB.

Hasil ini belum mampu mengeluarkan Tottenham dari periode buruk. Tapi tambahan satu angka setidaknya mendongkrak posisi the Lilywhites dua tangga ke peringkat 11 klasemen. Tottenham mengoleksi nilai 13 dari 11 laga. 

Baca Juga

Adapun Everton tetap gagal menjauh dari zona degradasi. Dengan nilai 11, the Toffees berada di batas akhir zona aman atau posisi 17, hanya unggul tiga poin dari Southampton di peringkat 18.

Bentork dua tim yang tampil buruk pada musim ini tak menghadirkan laga yang enak disaksikan. Tak banyak peluang yang diciptakan. Penonton yang hadir di markas Everton kerap disuguhkan salah operan oleh kedua tim. Serangan yang dibangun kedua tim juga tak meyakinkan dan monoton.

Tottenham tampak kesulitan tanpa diperkuat penyerang andalan Harry Kane yang menderita sakit. Alhasil Son Heung-min menjadi andalan di depan. Namun penyerang Korea Selatan ini kesulitan bila hendak beradu kekuatan dengan deretan pemain bertahan Everton. Upaya menusuk dari tengah lewat Lucas Moura juga tak berhasil.

Sementara Everton juga mengalami masalah serupa. Theo Walcott dan Richarlison kesulitan menembus pertahanan yang digalang Toby Alderwireld dan Davidson Sanchez.

Namun Tottenham akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-63. Itu pun bukan berawal dari skema serangan sendiri. Berawal dari upaya Everton membangun serangan, Alex Iwobi memberikan backpass karena dalam tekanan pemain Tottenham. Namun, bola yang ia lepas menuju ruang kosong dan dengan cepat disambut Son. Tak berlama menahan bola, Son menyodorkan si kulit bundar ke Alli yang berlari cepat dari tengah.

Dengan percaya diri Alli menggiring bola ke kotak penalti, kemudian melepaskan tendangan menyilang menyusur rumput. Kiper Everton Jordan Pickford tak berdaya menghentikan laju bola.

Tottenham kemudian kehilangan Son karena dikartu merah pada menit ke-79 akibat melanggar Andre Gomes dengan keras. Pelanggaran Son membuat Gomes harus ditandu keluar lapangan dan terpaksa diganti.

Unggul jumlah pemain membuat Everton mati-matian berusaha mencetak skor. Gol penyeimbang akhirnya datang juga pada menit kedelapan injury time. Cenk Tosun menyambar umpan Lucas Digne dengan tandukan yang tak bisa dihentikan Paulo Gazzaniga.

Wasit Martin Atkinson memberikan injury time panjang karena laga beberapa kali terhenti oleh insiden pelanggaran dan pengecekan VAR. Tuan rumah mampu memaksimalkannya, setidaknya untuk terhindar dari kekalahan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA