Ahad 03 Nov 2019 18:38 WIB

Komunitas Modern Vespa ajak Anggota Peduli Nasib Veteran

Sebagian uang dari jambore nasional (jamnas) komunitas disumbangkan untuk veteran.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Nora Azizah
Suasana Jamnas MoVe Indonesia di Jakarta pada Sabtu (2/11).
Foto: Eric Iskandarsjah Z/Republika
Suasana Jamnas MoVe Indonesia di Jakarta pada Sabtu (2/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- MoVe (Modern Vespa) adalah salah satu komunitas Vespa matic modern terbesar di Indonesia. Sebagai generasi milenial, para anggota komunitas MoVe pun tak ingin melupakan jasa para pahlawan. Mengingat, bulan November ini merupakan bulan yang identik dengan hari pahlawan

Di bulan ini, MoVe Indonesia menggelar jambore nasional (jamnas) kedelapan di Jakarta. Ketua Pelaksana Jamnas MoVe kedelapan, Fachrurozie Alfian Rizky mengatakan, karena Jamnas kali ini digelar bertepatan dengan bulan yang identik dengan Hari Pahlawan, maka salah satu program utamanya pun berkaitan dengan apresiasi terhadap jasa para pahlawan.

Baca Juga

“Bukti penghormatan yang diberikan kepada para pejuang diwujudkan dengan program donasi untuk veteran,” kata Fachrurozie kepada Republika di sela rangkaian Jamnas MoVe Indonesia di Jakarta pada Sabtu (2/11).

Menurutnya, program ini sengaja dihadirkan untuk menjalin hubungan emosional antara generasi muda dan para veteran yang telah berjuang untuk bangsa. Selain itu, program ini juga diharapkan mampu menunjang kesejahteraan para veteran sekaligus mengasah jiwa sosial dari para generasi muda. Donasi ini sendiri dilakukan dengan menyisihkan sebagian dari biaya registrasi dalam event yang dipusatkan di The Media Hotel and Towers Jakarta

“Sekitar 30 persen dari biaya registrasi akan kami donasikan kepada Yayasan Sahabat Veteran Indonesia. Artinya, lewat event ini, para milenial secara tidak langsung telah berkontribusi secara sosial kepada para veteran. Semoga, seluruh program yang kami persembahkan khusus bagi para veteran ini sekaligus dapat menjadi kado spesial kami untuk para veteran dalam bulan yang identik dengan Hari Pahlawan ini,” ujarnya.

Jamnas MoVe Indonesia kali ini merupakan Jamnas MoVe yang kedelapan. Event ini merupakan event rutin tahunan yang digelar secara berpindah-pindah. Tahun lalu, Jamnas MoVe ketujuh digelar di Semarang Jawa Tengah.

Pada Jamnas kedelapan ini, kegiatan digelar dua hari pada 1 dan 2 November 2019. Pada hari pertama, kegiatan yang diikuti oleh sekitar 500 member MoVe dari seluruh Indonesia ini diisi dengan agenda internal berupa rapat kerja nasional (rakernas).

Kemudian, pada hari kedua, kegiatan mulai bersifat terbuka untuk umum dan dikemas dengan tema MoVe Fest. Event yang dihadirkan dengan menonjolkan budaya betawi ini diisi dengan sejumlah kegiatan seperti riding keliling Jakarta, museum vespa, talkshow, bazzar, live mural painting, donor darah, kontes dan sejumlah musik performance.

MoVe Indonesia sendiri merupakan komunitas yang telah didirikan sejak 2011. Saat ini, total member adalah sekitar 2 ribu anggota dari 39 chapter yang tersebar di Jawa dan di luar Jawa. Selain menggelar event berskala nasional, setiap tiga bulan, chatper dari masing-masing provinsi juga menggelar acara rutin berupa kopi darat gabungan (kopdargab) demi dapat menjalin komunikasi yang berkelanjutan antar masing-masing chapter.

Meski disebut sebagai komunitas Vespa matic, komunitas ini tetap terbuka bagi para pengguna Vespa klasik sehingga tak ada dikotomi yang membatasi persaudaraan di kalangan penggemar produk besutan Itali tersebut.

Mengingat, sejumlah pecinta Vespa juga memiliki berbagai koleksi Vespa mulai dari yang klasik hingga matic. Hal ini pun sejalan dengan tagline para pecinta Vespa, “Satu Vespa Sejuta Saudara”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement