Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Car Free Day JLNT Antasari Digelar Tiap Ahad

Ahad 03 Nov 2019 11:30 WIB

Red: Endro Yuwanto

Car Free Day (ilustrasi)

Car Free Day (ilustrasi)

Foto: Republika/ Yasin Habibi
Car free day setiap Ahad dimulai dari pukul 06.00 sampai dengan 10.00 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terhitung mulai November 2019, kegiatan car free day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di wilayah Jakarta Selatan akan dilaksanakan di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari. Kegiatan akan diadakan setiap Ahad.

"Sudah diputuskan berdasarkan hasil rapat kemarin, Jalan Layang Antasari jadi lokasi HBKB (car free day) mulai November ini setiap pekan setiap bulannya," kata Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, Christianto, saat dikonfirmasi, Ahad (3/11).

Chris mengatakan, sebelum ditetapkan, HBKB atau car free day di wilayah Jakarta Selatan dilakukan dua kali dalam sebulan di dua lokasi berbeda, yakni Antasari dan Mampang. Setelah dilakukan pembahasan bersama, maka diputuskan car free day secara permanen diberlakukan di Jalan Layang Antasari. "Kenyamanan bagi orang berolahraga tanpa ada gangguan karena kendaraan tetap bisa melintas di jalan bawahnya," kata dia.

Chris mengatakan, Jalan Layang Antasari akan diberlakukan car free day setiap hari Ahad setiap bulannya dimulai dari pukul 06.00 sampai dengan 10.00 WIB. Adapun panjang jalan layang Antasari yang dijadikan sebagai lokasi car free day disebut dengan 'Antasari Sky Sport', kurang lebih sejauh tiga kilometer. "Selain dapat berolahraga, masyarakat juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dari lintasan Antasari Sky Sport," jelas dia.

Selama kegiatan car free day berlangsung, Sudin Perhubungan Jaksel mengerahkan 50 petugas untuk melakukan pengaturan lalu lintas dan rekayasa lalu lintas bersama Kepolisian, TNI, dan Satpol PP.

Menurut Chris, JLNT Antasari akan ditutup di enam titik plotting yang telah ditentukan, yakni di depan Bhayangkari (Mabes Polri) arah TB Simatupang, depan Bank Mandiri Syariah (Blok M) arah TB Simatupang, dan di depan Kantor Wali Kota Jakarta Selatan arah TB Simatupang. "Kemudian di depan Kantor Wali Kota Jakarta Selatan Arah Pattimura, depan Pasar Cipete arah TB Simatupang, dan depan Pasar Cipete arah Pattimura," katanya.

Chris pun berharap, kegiatan Antasari Sky Sport ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Jakarta Selatan untuk berolahraga, bersepeda, jalan santai, skateboard, maupun kegiatan positif lainnya.


sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA